Kadin Bali : Pemimpin Bali Mesti Inovatif dan Tegas Stop Pasar Berjejaring

Ketua Umum Kadin Bali AA Ngurah Alit Wiraputra.

DENPASAR, JARRAK POS – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Bali berharap agar pemimpin Bali kedepan memiliki jiwa pelayanan dan inovasi serta tegas menyetop pasar berjejaring baik sekala nasional maupun internasional. “Perlu pemimpin bersifat melayani, tugas pemimpin melayani masyarakat dan inovatif,” kata Ketua Umum Kadin Bali, Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra, SH, MH di Gedung Kadin Bali, Denpasar, Selasa (27/2/2018).

Ditegaskan inovasi yang dimaksud tidak hanya dimiliki pemimpin di tingkat provinsi saja namun bisa menggerakkan seluruh jajaran hingga tingkat bawah. Gung Wiraputra mengakui kalau saat ini masalah pelayanan publik di era otonomi daerah semakin kompleks, karena masih ada kebijakan yang tumpang tindih.

Jadi menurutnya kebijakan pusat tidaklah mutlak harus diterapkan di daerah karena memungkinkan memiliki kebijakan sendiri berdasarkan kearifan lokal daerah masing-masing. Melihat kondiai ini Bali harus memiliki pemimpin yang sepenuhnya berpihak kepada ekonomi kerakyatan, sekaligus berani tegas menindak hingga menyetop pembangunan pasar berjejaring yang merugikan masyarakat terlebih melawan aturan atau tidak berizin. “Banyak pedagang lokal mati karena pasar berjejaring nasional dan internasional, penyebarannya sampai ke tingkat desa mesti distop,” tegasnya.

Disamping itu, urusan perizinan yang berbelit -belit serta masih adanya oknum melakukan pungli terhadap pelayanan publik membuktikan kalau pelayanan publik masih buruk. Kedepan, bagi pemimpin yang terpilih mampu untuk menjawab tantangan di era global seperti saat ini. eja/ama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here