Mulai Nyepi 2018 Layanan Internet Harus Diblokir


DENPASAR, JARRAK POS – Perayaan Nyepi 1940 yang jatuh pada hari Sabtu (17/3/2018) akan memblokir semua layanan internet. Menurut Ketua ICPI (Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia) wilayah Bali I Putu Anom pada saat perayaan Nyepi untuk layanan provider internet dinonaktifkan selama 24 jam khusus di Bali, guna mencegah medsos yang melecehkan hari suci Nyepi.

Seperti yang pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya serta generasi muda tidak asyik bermain gadget sehingga bisa memaknai perayaan Hari Raya Nyepi. “Kalau bisa pada saat perayaan Nyepi nanti semua layanan internet di Bali dinonaktifkan, agar tidak menimbulkan wacana yang tidak diinginkan,” ujarnya di Denpasar, Kamis (8/3/2018).

Tidak hanya itu saja Anom mengatakan, perayaan Nyepi secara tidak langsung terjadi penghematan energi serta juga mengurangi polusi udara pasalnya dalam melaksanankan Nyepi ada beberapa aturan yang harus dilaksanakan seperti, Amati Karya (tidak Bekerja), Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Lelungan (tidak berpergian), Amati Lelanguan (tidak Berfoya-foya).

“Selama Hari Raya Nyepi banyak penghematan energi dan tentu alam berkurang drastis polusinya, pasalnya aktivita selama 24 jam di Bali ditutup baik itu bandara maupun pelabuhan, inilah contoh purifikasi atau penyucian alam. Yang sangat unik dengan catur brata penyepian,” imbuhnya.

Anom juga menghimbau kepada wisatawan untuk mengormati surat edaran yg dikeluarkan PHDI dimana semuanya harus menghormati perayaan ritual Nyepi, agar masyarakat umum baik umat Hindu maupun non Hindu dimohon untuk ikut bertoleransi menjaga kekhusukan hari suci Nyepi di Bali. Lanjutnya Anom mengatakan, walaupun hotel-hotel sudah mempromosikan kepada wisatawan dengan paket Nyepi, pihak hotel harus tetap mengikuti aturan perayaan Nyepi.

“Aktivitas wisatawannya hanya boleh di areal hotel dengan mengikuti nuansa keheningan, tidak boleh ada hiruk pikuk musik atau aktivitas hiburan di hotel termasuk penerangan lampu hotel dibatasi,” tuturnya. tra/ama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here