LPD Desa Adat Pakraman Duda Sukses Himpun Laba Rp2 Miliar

KARANGASEM, JARRAK POS – LPD Desa Adat Duda yang berada di bawah kaki Gunung Agung telah sukses menggelar Laporan pertanggung jawaban tahun buku 2017. Kegiatan yang berlangsung, hari Rabu (7/3/2018) ini drangkaikan dengan acara gebyar undian berhadiah periode ke-13, serta penyerahan program yang di peruntukan untuk Prajuru Desa Adat yang berjumlah 15 orang berupa Asuransi Pro Ngaben dari PT. GRM Bali.

Kepala LPD Desa Pakramana Duda, I Wayan Suyasa mengatakan asuransi pro ngaben merupakan bentuk perhatian serta komitmen dan perhatian LPD terhadap para prejuru adat dimana preminya dibayarkan melalui PT. GRM Bali. “Tak hanya Prajuru Adat kedepan kalau memungkinkan seluruh Kelian Banjar kita akan buatkan asurnasi pro ngaben ini. Janinan seperti ini kita berikan untuk dapat lebih meringankan beban para prajuru yang sudah banyak membantu kita dalam mengembangkan LPD. Lembaga Adat seperti LPD harus memberikan peran strategis dalam menunjang perekonomian masyarakat serta membantu dalam hal pembangunan di Desa Adat,” papar Suyasa.

Lelaki sedehana ini menambahkan untuk acara gebyar merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai ajang promosi LPD Desa Adat Duda dan apresiasi atas tingginya kepercayaan seluruh komponen masyarakat Duda terhadap lembaga keuangan milik Desa Adat. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan laporan kepada Badan Pengawas dan juga krama terkait perkembangan LPD Desa Adat Duda tahun 2017.

Dari segi perkembangan aset LPD Desa Adat Duda mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Pada 2017 tepatnya saat terjadinya erupsi Gunung Agung di Bulan September dan November sempat mengalami penurunan namun pada saat tutup buku secara menyeruruh masih bisa dikatakan mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun 2016. Dari sebelumnya aset sebesar Rp 71 miliar berkembang menjadi Rp 80,2 miliar akhir 2017. Peningkatan yang cukup positif atas pencapaian tersebut berkat dukungan, pertisipasi serta kepercayaan krama desa adat yang menyebar di 27 banjar adat. Peran Bendesa Adat juga diapresiasi karena telah banyak membantu dalam menciptakan keyakinan krama agar dekat dengan LPD Duda. “Kita selaku pengurus LPD mengucapkan suksema atas semangat Bendesa Adat tidak kenal lelah ikut mengembangkan LPD Duda,” ucapnya.

Laba LPD Desa Adat Duda hingga akhir tahun 2017 mencapi Rp 2 miliar lebih, sehingga diserahkan dana pembangunan sebesar 20 persen atau senilai Rp 404 juta. Dana ini akan di pergunakan untuk pembangunan pura kahyangan tiga serta subsidi aci di Pura Desa Adat Duda. “Kita berharap kedepan masyarakat semakin percaya dengan kita, dan kerjasama yang berlangsung selama ini dapat terus meningkat dan kita pengurus LPD akan tetap berkomitmen menjaga kepercayaan masyarakat,” pungkasnya.

Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana mengapresiai serta bangga atas pencapaian yang diraih LPD Duda ditengah suasana erupsi Gunung Agung. Berkat tata kelola yang baik didukung kinerja para karyawan yang profesional didasari kejujuran, kerja keras serta transparansi untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat sehingga dalam suasana apapun krama akan tetap percaya pada LPD. Hingga gebyar LPD yang ke-13 tahun ini tingkat partisipasi serta kepercayaan seluruh masyarakat Duda semakin meningkat karena didukung penawaran berbagai program unggulan dari LPD. Krama diharapkan tidak memiliki rasa ragu untuk memamfaatkan fasilitas kredit atau menaruh dananya di LPD, karena bagaimanapun juga LPD merupakan milik desa adat dan diakhir tahun sebagian keuntungan akan kembali kemasyarakat dalam bentuk dana pembangunan desa hingga dana sosial. “Kita mengapresiasi para pengrus LPD yang sudah memberikan kita asuransi pro ngaben. Semoga program bagus ini dapat berlanjut, kalau bisa suluruh Kelian Banjar bisa di asuransikan bahkan bila memungkinkan juga diberikan untuk seluruh krama Desa Adat Duda,” pungaksnya.

Dalam acara gebyar hadir Kepala Dinas Koparasi UMKM Kabupten Karangasem, Kepala LPLPD, Bank BPD Bali Cabang Karangasem serta pengurus BKS LPD Kabupten Karangasem serta undangan dari beberapa LPD. Tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap LPD Desa Adat Duda juga berkat dukungan pemberitaan yang gencar dilakukam Koran Bali Bank yang tak pernah surut mempublikasikan kinerja dan program-program unggulan LPD Desa Adat Duda. eja/ama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here