DAERAHSumut

Klinik Pratama Rutan I Layani 3900 Tahanan

Medan – jarrakpos – Pemasyarakatan pantas bangga karena satu lagi klinik di Unit Pelaksana Tehknisnya yakni Rutan Kelas I Medan, mendapatkan predikat sebagai klinik pratama dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Deli Serdang.

Sehingga, dengan dikeluarkannya ijin operasional tetap klinik tersebut, maka secara legal formal telah terpenuhi sesuai UU RI no 36 tahun 2009 tentang kesehatan, dimana dengan hadirnya negara memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya yg menjalani hukuman pidananya.

Baca juga:  La Nyalla Mattalitti, Ketua DPD RI Support Bupati Sugiri Majukan Ekonomi Ponorogo

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Medan Theo Adrianus Purba saat dihubungi wartawan disela pengoperasian satu set alat praktek gigi modern yang dihibahkan Anggota DPRD Sumut, Minggu (02/05/2021) mengakui telah adanya ijin klinik pratama dimaksud sejak 4 Januari 2021 lalu.

” Tentu saja ini sesuai dengan tujuan pemasyarakatan untuk memanusiakan manusia, bahwa hakekat pemidanaan adalah hilangnya kemerdekaan bergerak namun negara hadir di tengah warganya dalam
memberikan pelayanan kesehatan,” katanya.

Karutan Theo Adrianus Purba menjelaskan, Klinik Pratama Rutan Klas I Medan itu memiliki tenaga medis handal berjumlah
empat orang dokter umum dan seorang
dokter gigi dibantu enam orang perawat.

Baca juga:  Bupati Sanjaya Lepas Ekspor Perdana Coklat Organik ke Pasar Qatar

“Selain itu klinik Pratama Rutan I Medan juga memiliki sarana dan prasarana (Sarpras) diantaranya
tempat tidur untuk 20 pasien,
tabung oksigen, tiang infus, stetoskop, timbangan berat badan, alat mengecek spotum/ dahak untuk mendiagnosa apakah ada warga binaan pemasyarakatan (WBP) mengidap penyakit TBC, lemari obat dan persediaan obat, “urainya.

Dijelaskan, kehadiran klinik pratama Rutan Kelas I Medan untuk melayani kesehatan sekitar 3.900 warga binaan.

“Klinik Pratama Rutan Kelas I Medan ini, beroperasi untuk pelayanan kesehatan ringan dan apabila kondisi penyakit pasien tidak dapat ditangani maka akan dirujuk k RSU terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif sampai kondisinya membaik,” pungkas Theo Adrianus Purba.(AVID)

Tinggalkan Balasan

Back to top button