Ragam

Doa Dimudahkan Melunasi Utang

Melafalkan doa pelunas hutang tidak serta-merta membuat seluruh utang Anda lunas begitu saja. Doa yang dibarengi usaha akan mempermudah jalan Anda.

Utang, apa pun bentuknya, tetap harus dibayar sesuai apa yang menjadi bahan utang tersebut.

Contohnya, utang uang dibayar dengan uang, utang janji dibayar dengan menepatinya, utang puasa dibayar dengan menjalani puasa dan banyak lagi.

Agama mana pun mengajarkan bahwa segala bentuk utang piutang wajib dilunasi. Sekalipun orang yang bersangkutan meninggal dunia, pihak keluarga harus membayarkan utang tersebut.

Rasa khawatir, gelisah atau tidak tenang menjalani hidup, kerap dialami orang-orang yang mempunyai utang.

Baca juga:  Resmikan Sitangkas, Kapolda Jateng Ungkapkan Pahlawan Tanda Jasa Dalam Penanganan Pandemi

Mengutip NU Online, bahayanya hutang yang tidak terselesaikan di dunia akan berlanjut sampai ke akhirat. “Allah mengampuni semua dosa orang mati syahid kecuali hutang.” (HR Muslim)

Rasullullah mengajarkan untuk selalu berlindung kepada Allah apa pun masalahnya, termasuk kegelisahan saat memiliki utang. Yaitu dengan membaca doa berikut sambil dibarengi usaha.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a’ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a’ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a’ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a’ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl

Baca juga:  Rumah Bibit Buah " Pamungkas" Solusi Petani dapatkan Bibit Buah Unggulan

Artinya:
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.

Doa pelunas hutang perlu dibarengi dengan usaha agar semuanya berjalan lancar. (istockphoto/zeynep boğoçlu)
Apabila sudah berusaha hingga mampu melunasi utang piutang, jangan lupa untuk membaca doa pelunas hutang seperti yang diperintahkan Rasul seperti berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ وَجَزَاكَ خَيْرًا

Baca juga:  Telah Hadir, Trans Jateng Koridor VI Dengan Rute Semarang-Grobogan...Siap Melayani Anda

Bârakallâhu laka fî ahlika wa mâlika, wa jazâka khairan

Artinya:
“Semoga Allah menurunkan keberkahan bagimu terutama untuk keluarga dan hartamu. Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan-Nya.”

Membaca doa pelunas hutang tersebut merupakan bentuk terima kasih serta rasa syukur dari orang yang berutang kepada yang memberi utang karena sudah melunasinya.

Perlu diingat bahwa mengandalkan doa tanpa ada upaya tidak akan membuat utang sekecil apa pun lunas. Sehingga, penting untuk membarenginya dengan usaha yang sungguh-sungguh.

Tinggalkan Balasan

Back to top button