EKONOMIHUKUM DAN KRIMINAL

Bekali Keahlian Rutan Kelas IIB Gianyar Berikan Pelatihan Budidaya Louhan Terhadap Warga Binaan


Gianyar, JARRAKPOS.com – Meskipun era pandemi, Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas IIB untuk tetap memberikan warga binaan pemasyarakatan (WBP) pembekalan budidaya ikan Louhan selama empat hari 5-9 April 2021, hal tersebut dilakukan sebagai upaya bekal warga binaan ketika bebas dan kembali bermasyarakat bisa melakukan kegiatan positif, serta memiliki skill untuk bekerja.

Seijin Kepala Rutan Kelas IIB Gianyar, Muhamad Bahrun, Kasubsi Pelayanan Tahanan AA Gde Aribawa mengatakan, pembekalan budidaya louhan yang diberikan kepada delapan warga binaan merupakan suatu celah baru bagi warga binaan ketika bebas untuk berbisnis. Pasalnya, di era pandemi bisnis ikan louhan sangat menjajikan bahkan harganya pun sangat tinggi.

Baca juga:  Transaksi di Pasar Banyuasri Dirancang Berbasis QRIS

“Saya berharap warga binaan tidak ada pengangguran baru, ketika warga binaan tersebut keluar dari lapas. Kegiatan itu juga dapat membantu mereka menghilangkan rasa kejenuhan, bosan stress dan memacu semangat mereka untuk lebih bekerja,” jelasnya dengan didampingi Staf Kegiatan Kerja Rutan Kelas IIB Gianyar, Anak Agung OKa Andayana, dan Staf Keamana Rutan, Agus Arya Prayoga, Senin (5/4/2021).

Lebihlanjut Aribawa mengakui, pelatihan budidaya ikan louhan merupakan program pelatihan berkelanjutan. Sebelumnya Rutan Kelas IIB juga pernah memberikan pelatihan tedung kepada warga binaannya.

Baca juga:  Perluasan Akses Pemasaran UMKM, Pemkab Buleleng Gandeng BPD Bali Cabang Singaraja

“Sehabis pelatihan ikan louhan kita akan membuat pelatihan membuat kue atau pertanian sesuai dengan bakat dan minatnya, dan pastinya kita juga melibatkan stakeholder,” tuturnya.

Sementara instruktur pelatihan budidaya ikan louhan, I Gusti Ngurah Dwija Sumartika mengatakan, dalam pelatihan tersebut pihaknya memberikan materi dan praktek pengembangbiakan ikan louhan. Dimana kedepan prospek bisnis ikan louhan sangat menjajikan.

“Warga binaan kita berikan pelatihan untuk membreeding ikan louhan agar mempunyai kualitas daya jual tinggi,” ucap Sumartika yang menjadi Ketua Bali Louhan Comunity.

Baca juga:  Selama Pandemi Covid - 19 Kasus Peredaran Narkoba Meningkat Ungkap Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN)

Sumartika melanjutkan, pihaknya sangat mengapresiasi program warga binaan Rutan Kelas IIB Gianyar, dan menjadi suatu kehormatan bisa berbagi ilmu kepada warga binaan.

“Saya sangat terenyuh sekali bisa memberikan pelatihan di Rutan, bahkan para peserta sangat tinggi antusiasnya mengikuti latihan. tra/JP


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close