POLITIK

Kongres V Pertahankan Muka Lama, Made Urip Berpeluang Kembali Jadi Pengurus DPP PDIP


Denpasar, JARRAKPOS.com – Kongres V PDIP di Inna Grand Bali Beach, Sanur pada 8-11 Agustus 2019 dipastikan Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Kongres tersebut. Ribuan kader, pengurus dan simpatisan PDIP dari 34 provinsi akan menghadiri Kongres V PDIP itu. Bahkan, para ketua partai politik lainnya, juga dijadwalkan akan datang saat pembukaan Kongres pada 8 Agustus 2019. Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster yang juga Ketua Panitia Pelaksana Kongres mengatakan, persiapan Kongres sudah matang. “Tanggal 8 Agustus dibuka Presiden Jokowi jam 1 (siang, red),” ujar Koster di Denpasar, Senin (5/8/2019).

1b#Ik-20/7/2019

Dibalik itu ada isu santer, bahwa Megawati Soekarnoputri dikabarkan akan kembali ditetapkan sebagai Ketua Umum DPP PDIP. Jika kabar itu benar, Megawati akan memimpin PDIP untuk periode kelima selama lima tahun ke depan sejak Kongres Pertama tahun 1999 di Bali. Selain itu tersebut juga dipastikan ada kader dari Bali yang akan kembali menduduki dan mengisi jabatan di DPP PDIP. Memang saat ini sudah bertebaran sejumlah nama yang masuk ingin mengisi posisi strategis itu. Dari hitungan peta politik di Bali, setiap masa jabatan DPD dipastikan salah satu kader dari Bali masuk jajaran pengurus DPP PDIP yang saat ini masih dipegang oleh Made Urip yang kini kembali terpilih menjabat DPR RI lima periode.

Baca juga : Putra Terbaik Sembiran Kembali Terpilih Aklamasi Menjadi Ketua DPD PDIP Bali

Sejumlah skenario pun mulai muncul, bahkan menyebutkan Megawati akan tetap mempertahankan nama-nama pengurus muka lama tetap masuk jajaran DPP PDIP. Jika itu benar, maka dipastikan Made Urip akan bisa kembali duduk di kursi pengurus DPP PDIP selama tiga periode. Meskipun banyak kader lain yang sempat ramai disebut-sebut ingin menjabat pengurus DPP PDIP, diantaranya IGA Rai Wirajaya (Anggota DPR RI), Ni Putu Eka Wiryastuti (Bupati Tabanan), AA Ngurah Puspayoya (Menteri Koperasi dan UKM), I Nyoman Parta (calon Anggota DPR RI terpilih), namun Megawati kabarnya tetap mempertahan pengurus lama karena telah berhasil mengantarkan kemenangan bagi PDIP secara nasional. Sayangnya saat dikonfirmasi, Koster hanya mengakui sejumlah kader PDIP Bali akan kembali mengisi sejumlah jabatan di DPP PDIP.

1b#Ik-12/7/2019

Namun, ia belum bisa memastikan nama-nama kader PDIP Bali yang akan masuk dalam kepengurusan DPP. “Pasti ada, selama ini selalu ada. Saya akan mengajukan (kader PDIP Bali masuk jajaran pengurus DPP PDIP, red),” ujarnya. Saat dihubungi Made Urip juga belum bisa dikonfirmasi terkait kabar tersebut. tim/mas/ama

Berita Terkait

Beri Komentar

Close