POLITIK

Golkar Badung Kembali Bergejolak, Pengurus Partai Mundur


Badung, JARRAKPOS.com – Partai Golkar Badung kembali bergejolak setelah dipucu arah rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar di Pilkada Badung 2020 dari I Gusti Ngurah Agung Diatmika-I Wayan Muntra yang ditandatangani DPD II Golkar Badung dan DPD 1 Golkar Bali berbuntut panjang. Penghianatan terhadap sikap politik di akar rumput yang mendukung Diatmika-Muntra memicu mundurnya puluhan kader militan parpol berlambang Beringin itu dari kepengurusan. Mereka terdiri atas pengurus desa (PD) dan pengurus kecamatan (PK) se-Badung.

1bl#bn-28/8/2020

Pengunduran diri massal ini disampaikan, Senin (7/9/2020) di DPD 1 Golkar Bali. “Intinya menyatakan mundur sebagai pengurus dan memogon DPP untuk mengevaluasi oknum-oknum yang mempermainkan mekanisme Golkar terkait rekomendasi. Total pengurus yang mundur sebanyak 57 orang,” ucap Wayan Sumantra Karang, Ketua Sentra Organisasi Karyawan Swadiri (SOKSI) Badung.

Baca juga:  Semeton Puri Beraban Jembrana Kompak Bersatu Memenangkan Paket BANGSA

Sebagaimana diketahui, wajah Ketua Umum Partai Golkar, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T. “ditampar” kader Golkar Bali. Pertemuan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia itu dengan Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Badung, I Gusti Ngurah Agung Diatmika- Wayan Muntra (Diatmika-Muntra), Kamis (20/8) lalu “dinodai” oleh manuver segelintir oknum. Pasalnya, nama Diatmika-Muntra yang disepakati Koalisi Rakyat Badung Bangkit (KRBB) dan diajukan ke DPP Golkar berbalik ke I Nyoman Giri Prasta-I Ketut Suiasa yang sama sekali tak diajukan.

Baca juga:  Made Urip Guyur Bantuan Pertanian Rp1,322 Miliar di Kabupaten Bangli
1bl#bn-29/8/2020

Akibat manuver itu cibiran mengarah ke Golkar. Banyak yang menyebut DPD I dan DPD II Golkar se-Bali tak ada gunanya sebab keputusan akhir ditentukan elit Golkar. Penunjukkan Diatmika-Muntra sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Badung sesuai surat pengantar rekomendasi bernomor 004/KRBB/BDG/VII/2020 tertanggal 30 Juli 2020. Surat itu ditandatangani Ketua DPD II Golkar Badung, I Wayan Suyasa, Sekretaris DPD II Golkar Badung, AA Ngurah Ketut Agus Nadi Putra, Ketua DPC Gerindra Badung, I Wayan Disel Atawa, Sekretaris DPC Gerindra Badung, I Ketut Sugiana, Ketua DPD NasDem Badung, I Putu Gede Suyantha, Sekretaris DPD NasDem Badung, I Gede Suardika, dan Ketua KRBB AA Bagus Tri Candra Arka.

Baca juga:  Made Urip Turunkan Bantuan Sarana Persampahan di Tabanan

Endingnya, hanya NasDem dan Gerindra komitmen ada perjuangan KRBB demi Badung Bangkit. Meski petahana sudah dipastikan melawan kotak kosong, DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Badung juga menyatakan sikap mendukung Diatmika-Muntra. ija/ama


Close