PARIWISATA

Heboh! Pemuda Desa Penarungan Parade “Mepayas Luh” di Jalan Raya

Jadi Inovasi Tradisi Unik Desa Wisata


Badung, JARRAKPOS.com – Ada-ada saja kehebohan yang dilakukan Pemuda Desa Penarungan yang tergabung dalam STT Acarya Perkasa di Banjar Blumbang, Desa Penarungan, Mengwi, Badung. Salah satunya dengan menggelar inovasi baru dengan tradisi unik parade atau mapeed laki-laki berhiasan perempuan (mepayas luh) di jalan raya. Kegiatan yang merupakan rangkaian kemeriahan HUT ke-39 STT Acarya Perkasa ini sengaja dikemas dengan berbagai kegiatan seni dan hiburan yang syarat akan pesan moral untuk memotifasi agar masyarakat semakin kuat dalam melestarikan seni dan budaya Bali di kawasan desa wisata.

Insert foto : Kemeriahan HUT ke-39 STT Acarya Perkasa ini sengaja dikemas dengan berbagai kegiatan seni dan hiburan.

Salah satu tokoh masyarakat Penarungan yang juga Wakil Ketua DPRD Badung, Wayan Suyasa memberikan apresiasi terhadap kreatifitas STT Acarya Perkasa dalam memeriahkan hari jadinya. Berbagai kegiatan dikemas seperti halnya lomba ngelawar yang diikuti STT di seluruh Desa Penarungan serta lomba tari dan dance yang keseluruhannya sebagai bentuk ekpresi dan apresiasi generasi muda dalam melestraikan seni dan budaya. Secara khusus wakil rakyat masyarakat Badung ini juga mengapresiasi kegiatan mepeed laki-laki yang untuk pertama kalinya digelar dan melibatkan seluruh kaum laki-laki di Banjar Blumbang. Parade ini dilaksanakan dari perempatan Pasar Desa Penarungan hingga Lapangan Pratu Pekak Rawig Desa Penarungan.

Baca juga : Resmi Dibuka Pancoran Solas Penarungan, Objeb Wisata dan Penglukatan Sakit non Medis

“Kegiatan mereka perlu kami apresiasi karena ada keinginan menyatukan kalangan generasi muda dengan warga masyarakat banjar. Bagaimanapun STT bagian dari anak banjar. Karena dia memutuskan sesuatu yang sifatnya menghibur dan bukan melecehkan sehingga disepakati dilaksanakan peed yang biasanya dilakukan kaum wanita kali ini melalui parade dilakukan kaum laki-laki namun dengan membawa besek.

Bersambung….


1 2 3Laman berikutnya
Close