DAERAH

Gubernur Koster-Ace akan Buka Utsawa Bali Sani UNHI


Denpasar, JARRAKPOS.com – Mempertahankan komitmen terhadap pelestarian seni dan budaya Bali, Universitas Hindu Indonesia kembali melaksanakan pagelaran Utsawa Bali Sani (UBS) yang ke-X. Mengangkat Tema Bayu Pramananig Bhuwana, angin sebagai sumber kehidupan alam semesta. Pembukaan Utsawa Bali Sani akan dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2019 di Universitas Hindu Indonesia. Acara pembukaan rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Bali Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace).

Bn-20/9/2019

Bahkan Wagub Cok Ace akan ikut terlibat mesolah saat pagelaran Dramatari Basur Ahamkara yang dimeriahkan oleh Bondres Clekontong Mas. Hal ini disampaikan Wagub Cok Ace saat menerima audensi Rektor Universitas Hindu Indonesia Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S, didampingi Wakil Rektor III Dr. I Wayan Muka, ST, MT, serta Koordinator Sie Acara UBS Ida Bagus Purwa Sidemen, S,Ag, M.Si, dan Cokorda Putra, Senin (7/10/2019).

Baca juga : Tim Peneliti UNHI Hasilkan Buku “Dinamika Hindu Indonesia”

Partisipasi Wagub Cok Ace dalam pagelaran Utsawa Bali Sani mendapat sambutan yang antusias dari Universitas Hindu Indonesia. Apalagi Wagub akan ikut mesolah saat pementasan Dhamatari Basur Ahamkara. “Saya kira ini luar biasa. Wakil Gubernur Bali akan ikut berpartisipasi mesolah saat pagelaran dramatari Basur Ahamkara yang juga dimeriahkan oleh Bondres Clekontong Mas. Begitu juga, Utsawa Bali Sani ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Bali,” papar Wayan Muka.

Bn-14/9/2019p

Dirinya menjelaskan bahwa UBS pada tahun ini akan dibuka di panggung terbuka kampus UNHI. Pihaknya melibatkan seluruh komponen masyarakat khususnya di lingkungan kampus Universitas Hindu Indonesia. “Nanti akan ada Tari Pendet massal dari adik-adik Sekolah Dasar. Ada juga parade Gong Kebyar wanita dari SMA 3 Denpasar, dan juga sekaa gong wanita Banjar Tembawu Tengah ikut tampil. Ini semua adalah potensi yang ada di sekitar kampus UNHI,” paparnya.

Baca juga : Perguruan Tinggi se-Indonesia Bentuk PPJ-PTK Hindu

Mantan Dekan Teknik ini lebih lanjut mengatakan, Panitia Utsawa Bali sani akan terus melibatkan adik-adik untuk ikut terlibat di dalam UBS ini. Apalagi pelaksanaan UBS juga bermaksud untuk melestarikan seni dan budaya sejak dini. Lomba yang masih menjadi favorit adalah Bapang Barong dan Jauk Manis. Ini tradisi dan ikon dari Utsawa Bali Sani. “Dalam UBS Tahun ini di ajang lomba bapang barong akan ada ‘perang bintang’, juara 1 di Bali akan dilombakan. Selain itu, kami mementaskan garapan baru yakni dramatari Basur Ahamkara yang akan dimeriahkan oleh Bondres Clekontong Mas,” jelasnya.

Bn-10/9/2019

Utsawa Bali Sani X akan diselenggarakan selama lima hari, di hari pertama, Rabu 9 Oktober dilaksanakan lombar penjor di internal UNHI, selanjutnya Kamis, 10 Oktober pembukaan UBS, Jumat, 11 Oktober Lomba Lawar, Lomba Lukis, Lomba Busana Adat ke Pura, lomba Jauk Manis dan Kendang. Sabtu, 12 Oktober Lomba Dharma Wacana, Bapang Barong dan Kendang dan Minggu, 13 Oktober penutupan diakhiri dengan Dramatari Basur Ahamkara. eja/ama

Berita Terkait

Close