INTERNASIONAL

Bertemu Gubernur Koster, Walikota Misato Harap Bisa Bangun Jepang Seperti Ubud


Denpasar, JARRAKPOS.com – Gubernur Bali Wayan Koster menerima kunjungan Walikota Misato, Jepang Takashi Kado di rumah dinas Jaya Sabha, Denpasar, Senin (10/2/2020). Atas kunjungan tersebut Gubernur Bali mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan kunjungan Walikota Misato ke Bali. Terlebih sudah terjalin kerjasama Sister City antara Kota Misato dengan Desa Mas, Ubud, Gianyar. Walikota Takashi Kado mengungkapkan jika hubungan antara Indonesia dengan Jepang sangat dekat. Kerjasama yang terjalin dimana muda-mudi Desa Mas dikirim ke Jepang untuk bekerja dan belajar, begitu juga dengan warga Jepang dikirim ke Desa Mas. Ia berharap agar kerjasama yang baik ini bisa terus dilanjutkan.

Baca juga: Hilangkan Istilah “Aspal”, Ny. Putri Koster akan Patenkan Motif Tenun Ikat Endek dan Songket

“Di kota saya akan dikembangkan pariwisata dan akan membuat hotel, semoga dari Bali bisa mengirim tenaga kerja ke Misato. Saya berharap dari kebudayaan Bali, warga Bali, pendidikan bisa bertukar dengan Misato. Di daerah saya penduduknya sangat sedikit, saya harap Desa Mas atau warga Bali bisa tinggal atau belajar disana. Tahun ini ada dua orang yang belajar pertanian Misato. Tenaga kerja bisa datang dari Bali,” ungkap Walikota Takashi Kado. Ia juga berharap ke depan infrastruktur bisa dikembangkan di Misato, sehingga dukungan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali sangat dibutuhkan. Dijelaskan penduduknya sangat banyak namun kini sudah berkurang karena banyak bekerja ke luar kota dan tidak kembali.

Dengan demikian warga Bali bisa datang dan tinggal di Kota Misato untuk ikut mengembangkan bidang kesehatan, pertanian dan pariwisata. Dijelaskan Walikota Takashi Kado, suasana di kotanya mendekati daerah Ubud. Bahkan ia menceritakan sudah tiga kali mengunjungi Bali untuk melihat keindahan dan berharap hal sama bisa dikembangkan di daerahnya. “Dulu di Misato banyak pura, sangat terkenal namanya Pura Kagura. Ada kesamaan Tuhan Bali dengan Tuhan kita. Saya menemukan seperti kebudayaan saya sendiri di Bali,” ungkapnya. Lanjut menyampaikan rencananya membuat ukiran Bali di Kantornya.

Baca juga: Cok Ace Apresiasi Website Permodalan OJK Permudah UMKM Baca Peluang Pasar

“Selama jadi walikota saya akan membuat sesuatu tentang Bali, kebudyaan bali. Saya sudah dua kali menjadi walikota, satu periode empat tahun. Saya berharap kedepan antara Bali dan Misato menjadi sejarah. Orang-orang di Misato bisa mengenal Bali walaupun belum pernah datang ke Bali,” tandasnya. Gubernur Koster dalam pertemuan tersebut menyanpaikan apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin selama ini khususnya kerjasama dengan Desa Mas. Gubernur Koster mendorong agar kerjasama bisa terus ditingkatkan dan Pemerintah Provinsi Bali siap mendukung serta memfasilitasi terlebih Bali dan Jepang memiliki kemiripan atau kesamaan dalam sisi kebudayaannya. “Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama yang sudah dibangun cukup lama sudah berjalan dengan baik. Kerjasama yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Bali terutama untuk Desa Mas. Kami sangat mendukung kerjasama ini,” ujar Gubernur Koster.

Dijelaskan, Pemprov Bali siap untuk terus menjalin dan mendukung kerjasama yang telah terjalin baik selama ini. “Desa Mas memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Pertanian dan bidang budaya bisa terjalin kerjasama dengan baik. Kebudayaan Bali dan Jepang memilii banyak kesamaan. Kita akan adakan Bali World Culture Cellebration pada November. Saya harap kota Misato bisa ikut berpartisipasi pada acara ini,” tandasnya. mas/ama/*

Berita Terkait

Close