BeritaINTERNASIONALNASIONALRagam

Bu Nyai Lily Wahid Berpulang, Duka Mendalam Dirasakan Dua Kader PDI Perjuangan Pasuruan 

PASURUAN(jarrakpos.com) – Adik kandung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Lily Chodidjah Wahid, meninggal dunia.

Dikutip dari laman Ponpes Tebuireng, Lily Chodidjah Wahid atau yang akrab dipanggil Lily Wahid adalah adik kandung Gus Dur. Ia lahir pada 4 Maret 1948, anak kelima dari pasangan suami istri KH Wahid Hasyim-Ibu Nyai Solichah Wahid Hasyim.

Sejak muda, Lily dikenal sebagai pribadi gemar membaca dan menyukai seni. Pendidikan Lily Chodidjah Wahid sama seperti sekolah kakak-kakaknya, yaitu di SD Perwari.

Setelah tamat SMA, Lily diterima di Fakultas Kedokteran UI. Namun hanya bertahan sampai tingkat III. Keinginannya menjadi dokter tidak terpenuhi karena menikah dengan Najamuddin Rosyidi pada 1970, yang masih terhitung pamannya.

Baca juga:  Kodim 0705/Magelang Bangun Jalan Penghubung di 2 Desa Sepanjang 1.000 Meter Dalam Progam TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2022

Lily kemudian terjun ke dunia politik dengan masuk ke PKB. Ia sempat menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Ia saat itu duduk di Komisi I.

Selama hidupnya, Lily Wahid dikenal sebagai sosok politikus yang teguh. Ia berbeda dengan sikap partainya dalam voting pemunculan opsi AC. Aksinya ini pun menuai sanksi.


Banner Iklan Sariksa

Akibatnya, Lily dipecat dari PKB. Saat itu, Lily dan anggota DPR Fraksi PKB lainnya, Effendi Choirie alias Gus Choy, menggugat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di PN Jakpus. Tuntutannya, meminta majelis hakim mencabut surat pemberhentian mereka dari keanggotaan PKB. Namun, kasasinya ditolak.

Baca juga:  Dr. Made Jayantara : Tidak Cukup Hanya Relaksasi Saja, Harus Ada Tuntutan Bagi Para Pelaku Usaha

Dua kader PDI Perjuangan Pasuruan yang memiliki hubungan dekat dengan beliau yakni H Raden Endro Wicaksono atau Gus Tiban dan Ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan yang juga wakil ketua DPRD Kab pasuruan Andri Wahyudi

Merasa sangat kehilangan dengan meninggalnya Bunda Lily Wahid, panggilan akrabnya.

“Kiprahnya beliau di Pasuruan sangat banyak, malah sempat mendirikan ormas Mitra Karib yang eksis hingga saat ini,” terang Gus Tiban yang tak bisa menyembunyikan kesedihannya.

Kini, sosok Lily Wahid telah tiada. Jenazah Lily Wahid akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Baca juga:  Telah berpulang ke Rahamatullah Ibu Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim

“Jenazah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang,” kata keponakan Lily Wahid, Firry Wahid, Senin (9/5/2022).

Jenazah akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor.

Jenazah akan dimakamkan besok. Dan, keberangkatan jenazah juga akan dilakukan Selasa (10/5) pukul 05.00 WIB. (tri. gus)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button