OLAHRAGA

Buka Porprov Bali 2019, Wagub Cok Ace Harap Jadi Ajang Evaluasi Pembinaan


Tabanan, JARRAKPOS.com – Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Bali merupakan puncak kompetisi para atlet di tingkat provinsi sekaligus ajang evaluasi terhadap proses panjang pembinaan yang telah dilakukan di seluruh kabupaten kota. Meski tidak semua cabang olahraga yang dibina dapat dipertandingkan dan diperlombakan pada ajang ini, namun Porprov telah mampu menjadi representasi dinamika olahraga di Bali yang telah berkembang pesat. Demikiam disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat membuka Porprov Bali XIV-2019 di panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi (GWS), Tabanan, Senin (9/9/2019) malam.

Baca juga : Wabup Suiasa Terima Obor Api Porprov 2019

“Saya sangat berbangga karena penyelenggaraan Porprov Bali dapat berlangsung secara berkelanjutan dengan tuan rumah bergiliran antar kabupaten/kota. Hal ini menunjukkan komitmen kita bersama untuk senantiasa meningkatkan pemerataan permasyarakatan dan prestasi olahraga di seluruh Bali. Saya memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Koni Bali beserta seluruh pembina olahraga di provinsi Bali yang telah bekerja keras serta penuh pengabdian melaksanakan pembinaan sampai ke seluruh pelosok pedesaan serta terselenggaranya Porprov tahun ini,” ujar Cok Ace.

Tokoh Puri Ubud ini juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Tabanan beserta segenap jajarannya, serta seluruh masyarakat Kabupaten Tabanan yang telah menyiapkan penyelenggaraan Porprov tahun ini dengan maksimal mulai dari penataan sarana prasarana sampai pada partisipasi langsung seluruh komponen masyarakat.

Baca juga : Tabanan Serahkan Api Porprov ke Jembrana

Wagub Cok Ace dalam sambutannya menekankan bahwa pelaksanaan Porprov ini bukanlah semata-mata mengutamakan perolehan medali atau menaikkan peringkat daerah sebagai ukuran keberhasilan sebuah pembinaan. Namun hal yang lebih penting bagi KONI daerah dan semua komponen yang terkait, para pembina, pelatih, termasuk penyelenggara, adalah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap segala kelebihan, kekurangan serta permasalahan yang dihadapi mulai proses pembinaan, pelaksanaan perlombaan dan pertandingan, sampai pada pencapaian prestasi para atlet dan kontingen.

“Terlebih lagi hasil pada ajang ini akan menjadi salah satu acuan dalam penentuan duta daerah ke ajang kompetisi yang lebih tinggi baik tingkat nasional maupun internasional terutama menghadapi pon ke 20 di Papua tahun 2020 mendatang. Kita cukup berbangga pada perhelatan PON terakhir, Bali berada pada peringkat 6 secara nasional. Prestasi itu merupakan kebanggaan sekaligus tantangan untuk terus kita tingkatkan pada waktu mendatang,” ungkapnya.

Baca juga : Gubernur Koster Dukung Bali Tuan Rumah eSports Internasional

Ditambahkan Wagub Cok Ace, Porprov sebagai arena kompetisi di tingkat provinsi juga merupakan wahana komunikasi insan olahraga sekaligus sebagai bagian integral dari pembangunan bidang olahraga yang tetap berorientasi pada terwujudnya keharmonisan dan kerukunan masyarakat Bali yang berlandaskan filosofi menyama braya. Oleh karena itu, Ia menekankan agar semangat sportivitas ditumbuhkan sejalan dengan semangat persaudaraan di tengah persaingan meraih prestasi. mas/ama/*

Berita Terkait

Close