EKONOMI

Untuk Pertama Kalinya, Wajib Pajak Kendaraan Dapat Hadiah Undian Sepeda Motor


Denpasar, JARRAKPOS.com – Untuk mengapresiasi wajib pajak (WP) kendaraan bermotor di Bali, untuk pertama kalinya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Bali menggelar Gebyar Undian Berhadiah Samsat. Program perdana ini sekaligus mengapresiasi semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraannya. Undian berhadiah memperebutkan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor Yamaha NMax 155, pengundian dilaksanakan di UPT Samsat Denpasar, Selasa (10/12/2019).

1bn-ik#2/12/2019

Kepala Bapenda Provinsi Bali, I Made Santha, SE. MSi mengatakan Undian Berhadiah Samsat dilaksanakan untuk pertama kalinya berkat dukungan dari pihak kepolisian, Jasaraharja dan Bank BPD Bali sebagai bentuk terimakasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat (WP) kendaraan bermotor yang telah membayar pajak tepat waktu. Dimana setiap WP memiliki satu kesempatan mendapatkan nomer undian bila membayar pajak sebelum jatuh tempo atau membayar lebih awal satu hingga tiga bulan sebelum waktu jatuh tempo.

Baca juga : Hari Terakhir Seluruh Samsat Buka Hingga Malam, Tahun 2020 Pemutihan Ditiadakan

Diharapkan program ini mampu memotivasi seluruh WP kendaraan bermotor di Bali untuk taat membayar pajak terlebih kegiatan ini akan terus dilanjutkan. Periode pengundian dilakukan untuk WP yang membayar pajak dari 1 Januari sampai 30 November 2019. Untuk pembayar pajak reguler diikuti 856.629 WP serta untuk pembayaran melakui e-Samsat diikuti 15.569 WP. Khusus untuk undian melalui e-Samsat disiapkan satu hadiah berupa handphone Samsung A50S. Sementara untuk undian Samsat Reguler menyediakan satu unit sepeda motor, tiga LED TV dan dua sepeda gunung.

Baca juga:  Umiyati, Perajin Besek Yang Bertahan Meski Belum Tersentuh Bantuan
6bl-ik#4/12/2019

“Tentu acara ini memberi aspirasi atau motivasi kepada seluruh masyarakat wajib pajak supaya ke depannya bisa melakukan kewajibannya paling tidak tepat waktu. Kami sangat berharap karena diatur dengan undang-undang boleh membayar pajak di tahun berkenaan atau tahun sebelumnya yang dilakuan hingga tiga bulan sebelum tanggal jatuh tempo,” ujarnya lanjut menjelaskan jumlah WP kendaraan bermotor reguler di Bali saat ini sekitar 3 juta, dengan posisi aktif hampir di angka 2,6 juta. Pada kesempatan tersebut Santha juga mengapresiasi WP yang telah memamfaatkan program pemutihan yang telah berakhir 6 Desember 2019, agar di tahun depan kembali menjadi pembayar aktif sebelum jatuh tempo, sehingga berkesempatan mengikuti undian Samsat selanjutnya.

Baca juga : Program Tedun Banjar, Genjot Realisasi Target Pajak Kendaraan UPTD Samsat Klungkung

Pada kesempatan tersebut, Paur STNK Ditlantas Polda Bali, AKP. I Wayan Mudiasa seizin Ditlantas Polda Bali juga menyampaikan kebijakan Gubernur Bali untuk meningkatkan kesadaran WP kendaraan bermotor sangat bagus. Sebagai salah satu bagian untuk mendukung realisasi pendapatan daerah dari pajak kendaraan pihaknya selalu siap mendukung program pemerintah terkait upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajibannya. “Dari kepolisian seijin Bapak Ditlantas saya mengapresiasi kebijakan Bapak Gubernur (Wayan Koster, red). Sebagai bagian dari pendukung untuk pendapatan daerah Bali, sangat salut sudah bagus sekali peningkatan kesadaran wajib pajak,” ujarnya.

Baca juga:  Kodim 0705/Magelang Salurkan BTPKLW Kepada 7500 Penerima
1bl-bn#7/12/2019

Pada kesempatan sama KUPT Samsat Denpasar Putu Sudiana, SH juga berharap program ini di tahun mendatang kembali dilaksanakan dengan hadiah yang lebih besar. Bahkan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Bank BPD Bali, agar pengundian di tahun 2020 bisa menyiapkan hadiah utama 1 unit mobil. “Hadiah mobil tadi kita sudah ngomong-ngomong dengan Bank BPD Bali kayaknya mereka siap untuk bantu. Kita juga akan coba dekati para dealer yang notabennya sudah banyak menjual kendaraan. Tentu saya harapkan juga partisipasinya memberikan satu atau dua sepeda motornya untuk disumbangkan kepada WP yang taat membayar pajak tepat waktu,” harap birokrat asal Desa Panji, Buleleng ini agar WP semakin rajin membayar pajak.

Baca juga:  Undian Gong Bali Dwipa BPD Bali Berhadiah Rp 1,7 Milyar Disegel Hari Ini

Baca juga : Samsat Denpasar Lampaui Target, Hanya Tersisa Tiga Pengemplang Pajak

Di sisi lain, Direktur Kredit Bank BPD Bali, Made Lestara Widiatmika, SE mewakili Direksi Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi Gebyar Undian Berhadiah Samsat yang dilaksanakan perdana itu. Ide dari Kepala Bapenda Made Santha ini, dinilai sangat tepat untuk merangsang WP agar membayar pajak tepat waktu. Ke depan program ini diharapkan tidak berhenti dan pihaknya siap berpartisipasi untuk menyediakan hadiah yang lebih besar. “Ke depan kita akan dukung agar lebih besar hadiahnya. Terus kita support hadiah mobil, kan banyak orang akan datang untuk menbayar pajak. Mudah-mudahan bisa kita penuhi. Itu ide yang sangat bagus dan sama-sama saling menguntungkan. Satu sisi dana mereka bisa ada di Bank BPD Bali, kedua wajib pajak akan berlomba-lomba, siapa tahu nasib mereka seperti tadi dapat NMax,” harapnya. eja/ama

Related Articles

Back to top button