PARIWISATA

Lahir Serba Kekurangan, Kini Sosok Mardjana Sukses Kembangkan Toya Devasya


Kintamani, JARRAKPOS.com – Sosok Founder sekaligus General Manager Toya Devasya, I Ketut Mardjana memang sangat sulit dicari. Karena selain rendah hati, juga sangat peduli dengan masyarakat di sekitarnya. Jebolan pensiun mantan Direktur Utama PT POS Indonesia ini terbukti sangat memperhatikan nasib warga lokal di Kintamani, Bangli. Setelah berhasil membangun dan mengembang Toya Devasya dengan kinerja yang gemilang, padahal mengutamakan hanya merekrut tenaga kerja lokal. Hasilnya sekarang, tidak saja dikenal di Bali, bahkan secara nasional hingga turis internasional. Terbukti jumlah kunjungan yang didominasi turis asing terus melonjak naik sampai 70 persen dan sisanya wisatawan domestik.

1Mg#Bn-9/8/2019

Keberhasilan ini tidak membuat Mardjana bertepuk dada meskipun sangat membanggakan, karena sudah terbukti mampu membangkitkan ekonomi masyarakat Bangli, khususnya di Kintamani. Selain itu jelas sudah banyak memberikan berkontribusi bagi devisa negara. Ketika dikejar, ternyata rahasianya sangat sederhana. Bagi Mardjana yang terpenting warga yang melamar di Toya Devasya wajib bermodal 5S atau Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun. “Jadi meskipun hanya mengantongi gelar tamatan SD atau SMP pasti akan diterima, sehingga sekitar 90 persen penduduk lokal bisa bekerja di Toya Devasya,” paparnya.

Baca juga : Turkish Airlines Mendarat Perdana, Direct Flight Istanbul-Denpasar Boyong Ratusan Turis Eropa ke Bali

Padahal jika ditelisik, Mardjana lahir dari keluarga yang tidak berada, sehingga sangat menyadari warga selama ini bagaimana hidup jika serba kekurangan. Apalagi sebenarnya, kualitas SDM dan ekonomi di Kabupaten Bangli sangat terbuka lebar, sehingga jika dipercaya sebagai pemimpin harus memiliki jiwa perubahan untuk memenuhi tuntutan zaman yang terus berkembang. Disamping itu juga harus memiliki jiwa kewirausahaan, yakni selalu berinovasi dan berkreasi. “Kita juga harus berani mengambil keputusan yang tepat, meski terkesan kurang populer, jika keputusan itu diyakini tepat untuk mengembangkan potensi ekonomi demi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,” tandas pengusaha kelahiran Bangli, 18 Maret 1951 ini.

1Bl#Ik-9/8/2019

Rahasia sukses lain Mardjana, juga karena mampu bangkit meskipun hanya bermodalkan tekad dan kejujuran, tapi akhirnya bisa tumbuh menjadi profesional yang sukses di tingkat nasional bahkan internasional. Bahkan sampai saat ini sudah meraih prestasi dan penghargaan hingga dinobatkan sebagai Asian Development Best Executive Awards, Asean Social and Economic Coorporate Golden Awards, People Of The Year 2011 sebagai Inspiring CEO 2011, serta CEO BUMN Terbaik dan pernah memimpin pengembangan e-commerce POS Se-ASEAN. “Potensi SDM kita di Bangli sangat luar biasa, sehingga dapat mengembangkan pariwisata yang hebat, karena memiliki Gunung, Danau dan sungai yang sangat indah yang mampu bersaing dengan daerah lain sebagai tujuan wisata dunia,” tutupnya. tim/net/ama

Berita Terkait

Beri Komentar

Close