PARIWISATA

Karangasem The Spirit of Bali Ajak Publik Temukan Sensasi


Karangasem, JARRAKPOS.com – Program destination branding Karangasem sudah diimplementasikan semenjak 2016. Diawali dengan proses riset hingga strategi dan perencanaan implementasinya dan kini memasuki tahapan aktivasi sumber daya serta potensi Kabupaten Karangasem. Karangasem memperkenalkan nilai-nilai dan otensitas yang dimilikinya kepada publik lewat aneka komunikasi dan program. Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri, S.Sos. MAP menyampaikan melalui destination branding Karangasem “The Spirit of Bali” Pemerintah Kabupaten Karangasem memposisikannya sebagai program pemerintah yang dikemas secara popular dalam mengkomunikasikan penggalian, pengelolaan dan pengembangan aset serta potensi Karangasem “Sebagai sebuah destinasi penting melalui pengelolaan sumber daya (resources management) dan pengembangan produk (products development) yang bermuara kepada tata kelola destinasi (destination management),” jelas Mas Sumantri baru-baru ini.

Baca juga : Bupati Mas Buka Roadshow Bus KPK 2019

Melalui destination branding Karangasem, Pemerintah Kabupaten Karangasem bersiap dengan strategi dan pengembangan konsep pariwisata Karangasem yang kreatif dan bertanggungjawab. Hal ini mengacu kepada hasil riset destination branding bahwa Karangasem memiliki potensi luar biasa yang bernilai insani, spiritual, ekologis, alam, seni, budaya, warisan budaya dan petualangan. Semua ini belum terekspos menjadi kemasan pariwisata kreatif bertanggung jawab yang didasarkan pada pengalaman istimewa (experiencing special moments) yang memadukan proses melihat, menikmati, mengalami,berinteraksi, berpartisipasi dan belajar. “Discover Karangasem menjadi program tahunan yang berorientasi mengajak publik mengenal Karangasem secara lebih mendalam terutama segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber daya Karangasem dalam kategori insan, spiritual, seni dan budaya, alam dan lingkungan serta komoditas,” tegasnya.

Discover Karangasem yang bermakna “Menemukan Karangasem” dimaksud membangun komunikasi internal dan eksternal. Bagi internal untuk membentuk apresiasi dan pandangan positif yang diharapkan akan menumbuhkembangkan semangat dan partisipasi dalam membangun Karangasem sekaligus mengajak warga mengenali potensi yang dimilikinya. Sedangkan bagi eksternal selain membentuk apresiasi dan pandangan positif juga akan mampu menjadi daya gugah agar tertarik untuk mengunjungi dan menemukan nilai-nilai dan keunikan atau menarik minat untuk berbisnis di Karangasem. Dengan memposisikan Karangasem sebagai “The Spirit of Bali”, Kabupaten Karangasem menegaskan bahwa nilai-nilai yang orisinil mengenai Bali masih bisa dilihat, diraskan dan ditemukan di Karangasem. Hal ini dibuktikan dengan sumber daya dan potensi Karangasem yang merepresentasi falsafah hidup manusia Bali dan merupakan pengejawantahan dari Tri Hita Karana.

Baca juga : Bupati Mas Sumatri Hibur Rakyat Perankan Mantri Pentas Seni Arja

Setelah tahun lalu Karangasem menjadi tuan rumah bagi kunjungan 40 duta besar negara sahabat dan reuni 15 Miss Universe yang diajak menikmati sensasi serta keunikan seni, budaya dan alam Karangasem, juga menyelenggarakan aneka acara festival seperti Festival Subak Karangasem, Karangasem World Cultural Village Festival dan Festival Tenganan. Kini untuk yang kedua kali Karangasem menyelenggarakan program “Discover Karangasem” yang mengajak publik mengetahui, mengeksplorasi dan merasakan sensasi seni, budaya, alam dan aneka potensi Karangasem dalam kemasan diskusi, workshop, pameran, pertunjukan seni budaya dan pemutaran film Karangasem.

Discover Karangasem akan diselenggarakan di beberapa lokasi dengan konsentrasi utama penyelenggaraan pada tanggal 16-18 Agustus 2019 di Samsara Living Museum yang berlokasi di desa Jungutan, Bebandem yang baru diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan Juni 2019 lalu. Samsara Living Museum adalah sebuah wahana hidup yang merepresentasi siklus kelahiran hingga kematian manusia Bali yang tertuang dalam ritual dan tradisi yang masing-masing tahapannya memiliki pemaknaan dan falsafah yang berguna dalam memaknai nilai-nilai kehidupan. Dalam program Discover Karangasem, selain memperoleh dan turut mengalami rangkaian fragmen makna ritual kelahiran hingga kematian manusia Bali di Samsara Living Museum juga dapat mengikuti dan menikmati aneka program diantaranya diskusi dan presentasi aneka topik, pameran artefak budaya dan aneka produk Karangasem termasuk foto masa lalu, lontar, kain tenun tradisional, kemasan produk Karangasem, kuliner, aneka workshop antara lain memasak masakan khas Karangasem, menulis lontar, pembuatan arak, pewarnaan alam untuk kain tenun, pemutaran film dokumenter Karangasem 1930 , pertunjukan seni dan budaya Karangasem termasuk musik penting, selonding, Megenjekan dan yang terakhir Jamuan makan malam.

Baca juga : Bupati Mas Sumatri Buka Puncak Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem

Diharapkan tamu dan pengunjung acara Discover Karangasem yang diundang akan memiliki referensi naru mengenai Karangasem dan merasa terkesan serta siap untuk turut mengomunikasikan kepada publik perihal pengalaman berkesan di Karangasem. Program Discover Karangasem yang merupakan program komunikasi ini akan terhubung dengan program Kabupaten Karangasem dalam memfasilitasi pembangunan sarana prasarana serta infrastruktur yang dapat menunjang kemudahan dan akses ke tempat-tempat tersebut. Disamping pembangunan fisik, program non fisik seperti peningkatan kapasitas dan pembangunan sumber daya insani juga akan menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Karangasem. Program Discover Karangasem adalah program resmi pemerintah Kabupaten Karangasem yang didukung oleh Kementerian Priwisata RI untuk memajukan dan memberdayakan potensi destinasi-destinasi di Indonesia. mas/ama/*

Berita Terkait

Beri Komentar

Close