EKONOMI

Hadiah Satu Unit Rumah, HIPMI Gelar Festival “Senggol Sulawesi”


Denpasar, JARRAKPOS.com – Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Bali akan menggelar HIPMI Bali Festival “Senggol Sulawesi” tanggal 9-10 November 2019 berlokasi di timur Pasar Badung, tepatnya di Jalan Sulawesi. Acara ini sebagai upaya kembali mengenang bahwa di Kota Denpasar pernah memililiki pasar senggol yang kini berubah menjadi pusat perdagangan utamanya tekstil di zona heritage.

Bn-14/9/2019

Ketua Umum BPD HIPMI Bali Dr. dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, Sp. KK. FINSDV saat konferensi pers di Warung Bendega Denpasar, Sabtu (12/10/2019) menjelaskan, acara berlevel nasional ini akan menjadi pamungkas agenda HIPMI Bali di tahun 2019. Sekaligus akan menjadi tonggak awal agenda HIPMI seluruh kabupaten di Bali untuk melanjutkan kegiatan yang tetap mengambil konsep pasar. “Acara ini akan mengangkat potensi pengusaha kita di Bali,” jelasnya.

Baca juga : HIPMI Siap Lahirkan 100 Nama Konglomerat Baru sebagai Pengusaha Nasional

Bendahara Umum HIPMI Bali Pande Agus Permana Widura, SH., selaku ketua panitia festival menjelaskan, pemilihan tempat kegiatan di kawasan pasar sebagai upaya kembali mengingatkan generasi muda bahwa segala bentuk usaha berawal di pasar. Bahkan secara tegas dikatakannya pasar bagi HIPMI adalah kawitan dan terbukti kawasan senggol di Jalan Sulawesi di zaman dahulu kini berubah menjadi pusat usaha yang maju. “Sekarang seolah-olah pasar tradisional tidak didatangi lagi. Bagi kami pasar tradisional adalah awal mula semua bisnis dan itu dalam bahasa Balinya adalah kawitan kami,” katanya.

Bn-10/9/2019

Dijelaskannya baik di zaman dahulu maupun saat ini ada perpaduan etnis yang berusaha di kawasan tersebut sehingga Senggol Sulawesi juga akan mengadopsi nuansa tersebut. Divisualisasikan dengan dibangunnya empat jenis stan secara berkelompok dengan menghadirkan nuansa Bali, Cina, India dan Arab salah satunya melalui sajian kuliner. “Kami akan angkat keberagaman mulai dari Balinese food beserta produknya, juga Chinese, India serta Arab. Semua performance senggol di masa lampau juga akan dihadirkan,” tambah Koordinator Acara, Ari Setiya Wibawa.

Baca juga : Hipmi Denpasar Segera Launching mulaimerintis.com

Kegiatan yang berlangaung selama dua hari ini juga akan melibatkan Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI se-Bali yang salah satunya akan menampilkan kuliner khas kabupaten/kota di Bali yang memiliki konteks heritage. Selain diisi berbagai kegiatan lainnya seperti workshop, scale up pedagang, artis ngamen, tradisional performance juga dilaksanakan night fun run di hari pertama dengan menghadirkan icon pelari dari kalangan artis yakni Melaniae Putria yang akan menempuh jarak sejauh lima kilometer melewati beberapa pusat heritage Kota Denpasar. Olahraga malam hari yang mulai digandrungi masyarakat ini panitia akan menyiapkan satu hadiah undiam utama berupa satu unit rumah siao huni. eja/ama

Berita Terkait

Close