EKONOMI

Lauching Showroom dan Service Center Sentrik

Jadi Main Dealer Sepeda dan Motor Listrik Pertama di Bali


Badung, JARRAKPOS.com – Bertepatan pemberlakuan Peraturan Gubernur Bali Nomor 48 Tahun 2019 Tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, langsung disambut Distributor sepeda dan motor listrik merek SunRice dengan membuka Showroom dan Service Center Sentrik di Jalan Raya Kapal, Mengwi, Badung, Selasa (12/11/2019) malam. Hadir sebagai main dealer, shoroom yang berlokasi tepat di seberang RSUD Mangusada, Badung ini menyediakan berbagai jenis Selis (Seleda Listrik) dan Molis (Motor Listrik). Sekaligus menjadi distributor tunggal untuk wilayah Bali dan Lombok sebagai langkah strategis mendukung Program Go Green dari pemerintah.

1bn#Ik-9/11/2019

Saat Launcing Showroom dan Service Center Sentrik, salah satu customer asal Jembrana, I Nengah Tamba menyambut baik masuknya kendaraan listrik di Bali. Ia menilai regulasi yang dilahirkan pemerintah melalui Perda Nomor 48 Tahun 2019 Tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, sangat disambut masyarakat dan pelaku usaha sepeda dan motor listrik. Terobosan ini sekaligus implementasi nyata untuk melakukan perubahan dan memerangi polusi di jalan raya. “Hari ini kita buktikan mau tidak mau harus menjawab tantangan itu, dan inilah hasilnya. Sepeda dan motor listrik sudah tampil di jagad Bali. Saya berharap ini bisa berkembang, maju dan pesat.” harapnya.

Baca juga : Bali Dibanjiri Kendaraan Listrik Tahun 2020

Mantan Anggota DPRD Provinsi Bali ini menambahkan, setelah mencoba salah satu varian sepeda listrik SunRice diungkapkan banyak keunggulan yang bisa didapat. Selain sangat menguntungkan dari sisi ekonomi, Selis dan Molis bebas polusi bahkan tidak bersuara dan mampu menurunkan angka kecelakaan di jalan raya. Sehingga diharapkan terobosan-terobosan seperti ini harus didukung pemerintah dan instansi swasta secara penuh sebagai pelopor penggunaan kendaraan memakai listrik. “Mari pemerintah dan instansi swasta mau jadi pelopor agar Bali bebas polusi agar segala pekerjaan bisa kita selesaikan dengan ini,” himbaunya lanjut mengatakan Selis dan Molis bisa dijadikan hadiah dalam berbagai kegiatan untuk memasyarakatkan kendaraan listrik.

1Th/Ik-5/9/2019

Di sisi lain, General Manager PT. Roda Jaya Makmur, Ferry Chandra mengatakan, pihaknya sebagai pemegang izin untuk perakitan sepeda dan motor listrik SunRice di Indonesia. Showroom dan Service Center Sentrik di Bali ditunjuk sebagai distributor tunggal ke sembilan di Indonesia untuk mewilayahi Bali dan Lombok. Diungkapkannya penggunaan Selis dan Molis sudah sangat berkembang di seluruh pulau Jawa, Madura, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Khusus Bali pihaknya bahkan menargetkan penjualan bisa mencapai 200 unit per bulan untuk meningkatkan jumlah penjuakan secara nasional. “Era kebangkitan electric bike di Indonesia. Penjualan kami rata-rata secara nasional sebulan 1.000 sampai 1.500 unit. Untuk Bali target awal 200 per bulan. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk mengarah ke angka 1000 untuk Bali dan Lombok karena disini masyarakatnya sangat antusias terlebih ada regulasi yang mengatur,” jelasnya.

Baca juga : Layanan Terbaru Sepeda Listrik GrabWheels Jadi Alernatif Transportasi Jarak Pendek

Pada kesempatan itu, Distributor Sentrik Bali dan Lombok, I Made Sudiana menerangkan, sangat tertarik untuk memasarkan Selis dan Molis di Bali. Terlebih saat ini Gubernur Bali Wayan Koster telah menandatangani dua Perda yakni Perda Nomor 45 Tahun 2019 Tentang Bali Energi Bersih dan Perda Nomor 48 Tahun 2019 Tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Sehingga dibukanya Showroom dan Service Center Sentrik akan mendukung langkah strategis pemerintah Provinsi Bali untuk mewujudkan program Go Green agar masyarakat ikut mendukung Bali terbesas dari polusi udara. “Kalau dari sisi prospeknya saya kira dengan peraturan gubernur tadi siang (12/11/2019, red) yang ditandatangani itu sangat luar biasa, tinggal kita harus mengambil langkah-langkah strategis berkaitan dengan edukasi masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan premium,” ujarnya.

Insert foto : Distributor Sentrik Bali dan Lombok, I Made Sudiana (acungkan jempol) bersama salah satu Customer Asal Jembrana I Nengah Tamba.

Mantan Wakil Bupati Badung ini juga menerangkan, dari sisi harga Selis dan Molis SunRice sangat terjangkau dibandingkan produk serupa lainnya. Bahkan penggunaan kendaraan ini jauh lebih murah dibandingkan kendaraan yang memakai BBM (Bahan Bakar Minyak). Tingkat ekonomisnya bisa mencapai hingga 1/5, dimana untuk menempuh jarak sekitar 40 kilo meter hanya memerlukan listrik seharga Rp 1.600. Ditambahkan, efisiensi menggunakan kendaraan listrik tidak saja dari segi bahan bakar namun juga dari sisi perawatan karena tidak memerlukan oli dan service berkala. Hanya saja kendaraan ini tidak bisa melaju sekencang sepeda motor, namun justru menjadi keunggulan untuk digunakan sesuai keperluan sehari-hari. Memanjakan para customer showroom dan Service Center (Sentrik) juga menyediakan layanan pembelian secara kredut melalui Cahaya Mitra Mandiri (finance kredit). eja/ama

Berita Terkait

Close