PARIWISATA DAN HIBURAN

Pertamakalinya di Bali, DPD PDIP Gelar Lomba Cerdas Cermat “Utsawa Widya Tarka”

Denpasar, JARRAKPOS.com – Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno, DPD PDI Perjuangan Bali menggelar final Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021, pertama kali di Bali. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian DPD PDIP dalam pelestarian adat dan budaya Bali. Ketua Panitia Lomba, Dr I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastra Suyasa., SE. Mm., menjelaskan Lomba Cerdas Cermat merupakan bentuk implementasi Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali” serta implementasi Perda Bali Nomor 1 Tahun 2018 dan Pergub Bali Nomor 80 Tahun 2018.

Dimana Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021, bertujuan meningkatkan literasi generasi muda krama Bali dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, berkualitas dan berintegritas serta bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri kokoh berbasis nilai kearifan lokal Bali yang dikandung dalam bahasa, aksara, dan sastra Bali.

“Digelarnya lomba Bahasa Bali, sebagai bahasa daerah yang bertumbuh kembang dalam kehidupan masyarakat Bali berkedudukan sebagai kekayaan budaya nasional yang harus dihormati dan dipelihara keberadaannya,” paparnya Senin (14/6/2021).

Lanjutnya Ayu Diah memaparkan, pada dasarnya bahasa Bali memiliki fungsi integral sebagai lambang kebanggaan dan identitas suku Bali menjadi alat komunikasi dan ekspresi keluarga suku Bali serta pendukung kebudayaan Bali dan agama Hindu. Bahasa Bali memiliki kekuatan mistik primordial dalam segala macam ritual dan praktik religius di Bali. Penggunaan bahasa Bali dalam sebuah ritual verbal adalah untuk mengukuhkan makna tradisional dan menjamin adanya kohesi kultural. Akan tetapi, kohesi kultural yang diwariskan dari generasi ke generasi melalui bahasa Bali semakin memudar, bahkan rapuh, karena terjadi pergeseran sikap bahasa dan sikap budaya masyarakat Bali, baik yang diakibatkan oleh desakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara maupun bahasa asing dan budaya global.

Baca juga:  Komitmen Resso Ajak Musisi Independen Pahami Proses Talent Scouting

“Karena itu, Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 merupakan langkah strategis serta bentuk kepedulian PDI Perjuangan dalam mengantisipasi dinamika perubahan masyarakat Bali yang berdampak pada eksistensi bahasa, aksara, sastra Bali, serta sekaligus mengembalikan Bali sebagai pusat peradaban dunia/Bali Padma Bhuwana,” ungkapnya.

Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari kabupaten/kota (DPC) hingga provinsi (DPD) yang diikuti oleh peserta siswa/siswi SD, SMP, dan SMA/SMK masing-masing 9 regu. Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 di tingkat kabupaten/kota telah dilaksanakan secara serentak pada tanggal 4—5 Juni 2021. Juara I Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 Kabupaten/Kota menjadi duta kabupaten/kota pada Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 di tingkat provinsi yang kita laksanakan pada tanggal 13 hingga 14 Juni 2021.

Baca juga:  Ini Makanan yang Efektif Kurangi Peradangan

“Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widyatarka) Susastra Bali Tahun 2021 akan menetapkan Pemenang I, II, III, Harapan I, Harapan II, dan Harapan III dan akan diberikan piagam, piala serta hadiah berupa uang pembinaan,” ucap Ayu Diah.

Sementara Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster final Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 berlangsung di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Bali, Senin (13/6/2021) pagi. Final lomba yang digelar serangkaian HUT PDI Perjuangan ke-48 dan Bulan Bung Karno ini mempertemukan tiga tim dari masing-masing kategori, yakni SD, SMP, dan SMA. Terdiri atas tim SD Mengwi 1, SD Negeri 6 Gianyar, SD Negeri 4 Subagan (Karangasem), SMPN 1 Mendoyo (Jembrana), SMPN 2 Semarapura, SMPN 1 Tabanan, SMAN 1 Abiansemal, SMAN 1 Amlapura, dan SMA Pariwisata Saraswati Klungkung.

“Tiang matur suksema adik-adik emua telah ikut berpartisiasi dalam lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021. Lomba cerdas cermat PDIP Bali ini digelar dalam rangka Hari Ulang tahun ke-48 sekaligus memperingati Bulan Bung Karno. Sejak penyisihan kemarin saya mengikuti penuh dari pagi sampai selesai dari ruang kerja, baik SD hingga SMA. Sampai materi yang disampaikan dewan juri saya tahu. Ternyata pertanyaannya susah-susah. Kalau saya disuruh jawab tidak bisa. Ternyata peserta luar biasa,” ucap Gubernur Bali sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Wayan Koster dalam sambutannya sebelum lomba dimulai.

Baca juga:  Jinggo Boxer Rp10 Ribu Sudah Nampol di Perut

Wayan Koster merinci total hadiah yang diperebutkan para finalis yang merupakan tim terbaik Lomba Cerdas Cermat (Utsawa Widya Tarka) Susastra Bali Tahun 2021 di tingkat kabupaten/kota telah dilaksanakan secara serentak 4-5 Juni 2021 bernilai total Rp 32,5 juta rupiah. Masing-masing Rp 15 juta untuk tingkat SMA/SMK, Rp 10 juta untuk tingkat SMP, dan Rp 7,5 juta untuk tingkat SD.

“Hadiah nanti tidak dierima cash, tapi akan dibukakan tabungan di Bank BPD Bali. Bank BPD Bali milik kita semua di Provinsi Bali. Bank-nya masyarakat Bali. Jadi adik-adik harus ikut mengikuti. Hadiah akan masuk rekening. Guru nggak usah dikasi karena sudah punya gaji. Akan ada kejutan dari saya bagi para juara. Bupati Badung juga ya. Selain yang resmi dari panitia akan ada tambahannya,” ucap Wayan Koster disambut gemuruh tepuk tangan. tra/ama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button