NASIONAL

Hari Pertama JRYN, PHDI Apresiasi Perkumpulan ISKCON Tampilkan Kebudayaan Perkuat NKRI


Denpasar, JARRAKPOS.com – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) memberikan apresiasi Perkumpulan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON) Indonesia yang merangkul potensi kesenian anak muda dari lintas agama. Ajang itu yang membuktikan kebesaran kebudayaan nusantara yang menjadi kekayaan berharga bangsa Indonesia. “ISKCON mampu mengangkat potensi budaya yang memiliki Indonesia tidak hanya berumat Hindu tapi dari lintas agama,” kata Ketua Pengurus Harian Bidang Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan PHDI Pusat Dr Ketut Arnaya di Denpasar, Sabtu (13/7/2019).

1b#Bn-13/7/2019

Hal itu disampaikan ketika menghadiri Hari Pertama Festival Kereta Sri Jagannatha Ratha Yatra Nusantara (JRYN) 2019, Perkumpulan ISKCON di Indonesia yang berlangsung di Lapangan Bajra Sandi Renon Denpasar, tanggal 13 Juli 2019. Adapun tema yang diusung pada festival tahun ini “Melalui Festival Sri Jagannatha Ratha Yatra Nusantara 2019 Kita Berdoa Kepada Sri Jagannatha, Penguasa Alam Semesta, untuk Kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. Kegiatan kebudayaan itu agar terus dilanjutkan dan diharapkan memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI.

Baca juga : Wabup Sanjaya Hadiri Ngaben dan Metatah Masal Masyarakat Pujungan

Sedangkan, PHDI akan menggelar Gita Jayanti dengan melibatkan semua komponen umat Hindu, termasuk Perkumpulan ISKCON yang sudah berpengalaman menggelarnya secara teknis sebagai salah satu upaya untuk mempercepat penyebaran pengetahuan kitab suci Bhagavad Gita. Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan ISKCON Indonesia Wayan Subagio, SH mengaku akan mendukung terobosan PHDI dalam menggelar Gita Jayanti Nasional. “Kami siap mendukung sehingga masyarakat mengetahui pengetahuan spiritual Bhagavad Gita dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

3b#Ik-14/6/2019

Gerakan itu diharapkan dapat didukung oleh semua komponen Hindu dalam meningkatkan “tatwa” sumber daya manusia (SDM) umat Hindu. tim/ama

Berita Terkait

Beri Komentar

Close