POLITIK

Perkuat Pengawasan Pemilu, Kwarda Bali Bentuk Saka Adhyasta Pemilu



Denpasar, JARRAKPOS.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bali dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali sepakat bentuk Satuan Karya (saka) Adhiyasta Pemilu guna perkuat Pengawasan Dalam Pemilu. Pengurus Saka Adhyasta Pemilu akan melangsungkan pelantikan bulan depan jelas I Made Rentin selaku Ketua Kwarda Bali, Jumat (14/2/2020) di ruang rapat Kwarda Bali. I Made Rentin mengatakan Gerakan Pramuka merupakan wujud organisasi masyarakat. Dalam organisasi ini, anggota mendapat pembelajaran berorganisasi dan pelatihan skill. Gerakan ini mempunyai potensi besar turut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu. Gerakan Pramukan berfungsi sebagai sekolah demokrasi karena mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan civic skill seperti pengorganisasian, mengadakan pertemuan, menulis gagasan, berargumentasi dan berpidato.

Baca juga:  Pakar HypnoCodesName : Kekuatan Nama Tertinggi Jadi Pemenang Pilgub Bali 2018
1bl-1k#12/2/2020

Gerakan Pramuka mempunyai pondasi yang kuat dalam mengasah civil skill seluruh adik-adik dapat menumbuhkan kesadaran politik atas pentingnya partisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu dan menciptakan pemilu yang bebas dan adil. Harap Rentin. Ida Bagus Putu Adinatha, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Bali mengatakan akan di bentuknya Saka Adhyasta ini diharapkan dapat berperan aktif menjadi agen perubahan ditengah masyarakat menyampaikan pentingnya menyalurkan hak pilihnya untuk memilih pemimpin daerah dan pemimpin bangsa, serta menyampaikan hal-hal yang dilarang dalam pelaksanaan Pilkada dan Pemilu,” kata Adinatha. Pelibatan Pramuka yang akan di beri nama Saka Adhiyasta, diharapkan dapat mendorong pemilu berintegritas. Sebab keikutsertaannya mengawal dan mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu akan menguatkan Bawaslu dari sisi pengawasan.

Baca juga:  Buka Puasa Bersama, Sudikerta Berbagi dengan Ratusan Anak Yatim Bali

Baca juga: Mendagri Keluarkan Surat Edaran Pilkada Serentak Tahun 2020

“Mereka belum terkontaminasi dengan kepentingan politik praktis, sehingga harapan kami Saka Adhyasta Pemilu yang dicanangkan dapat mengawal demokrasi yang berkualitas dan bermartabat,” tuturnya. Rapat pembentukan Saka Adhyaksa dihadiri pula oleh para wakil ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali dan Andalan serta para kabag di jajaran Bawaslu Provinsi Bali. mas/ama

Berita Terkait

Baca Juga

Close
Close