SUARA PEMBACA

Pesta Kesenian Bali 2019, Pendalaman, Pelestarian dan Pelebaran


Dalam hal ‘menjual’ destinasi seni, Australia juga tak mau kalah. Selain mengandalkan panorama alamnya yang fenomenal, Negeri Kanguru itu juga kini dapat mengedepankan Sydney Biennale yang telah mendapat tempat di kalangan seniman dunia. Merena mengelola Sydney Biennale dengan sangat canggih menyangkut managemen, persiapan yang matang, pilihan tema-tema biennale yang aktual disesuaikan dengan isu-isu global, penerbitan berkala yang dikirim ke email-email media, instansi budaya dan seniman di seluruh dunia.

Maka, masalah klasik kita di Bali sesungguhnya adalah persoalan managemen. Sementara kita begitu kaya dengan budaya dan seni serta proses penciptaan yang kreatif, namun pengelolaan secara profesional masih belum optimal sejauh ini. Seakan-akan PKB adalah urusan kegiatan rutin setiap tahun dengan menyediakan sejumlah dana; seakan-akan PKB adalah harus ada karena telah menjadi bagian yang telah ditetapkan oleh Pemprov Bali. Padahal yang saya tahu, selalu ada rtindakan evaluatif pasca PKB diselenggarakan. Saya tidak tahu apakah kesungguhan untuk melebarkan apresiasn, melebarkan kinerja dengan melibatkan lebih banyak tenaga-tenaga ahli/managemen menjadi bagian pembicaraan utama.

Baca juga:  Inspirasi Pendidik Merdeka dari Novel Guru Aini

Atasnama globalisme, dunia menjadi ‘mengecil’ dan kita masih saja berkutat pada stagnasi rutinitas. Pada hemat saya, PKB adalah ‘mutiara Bali’ yang sepertinya tak sanggup kita buka cahayanya ke dunia padahal ia adalah ‘mutiara’. Seandainya segala hal yang menjadi potensi besar kita dapat dikemas dengan baik. Ingatlah, semua dalam dinamika budaya kontemporer saat ini adalah ‘dunia kemasan dan profesionalisme’. Dua hal itu sedikitnya telah menjadi keniscayaan dalam pergulatan strategi kebudayaan global. Jika kita bisa memainkan ini, dunia tidak lagi hanya menganggap Bali sekadar pantai, panorama sawah dan kecak, tetapi sebuah destinasi kebudayaan yang menjanikan hiburan dan studi budaya. PS/25052019/***

Laman sebelumnya 1 2 3

Tinggalkan Balasan

Close