DAERAH

Latihan Praja Bakti Taruna Akmil Bersama Masyarakat Membangun Bangsa

MAGELANG – Taruna Akademi Militer menggelar Upacara Pembukaan Latihan Praja Bakti Tingkat II dan III TP. 2021/2022 selama enam hari mulai tanggal 15 sampai 20 November 2021 yang berjumlah 781 Taruna. Upacara dipimpin oleh Bupati Magelang Bapak Zaenal Arifin, S.IP. di Lapangan Pemda Kabupaten Mungkid Magelang. Senin (15/11/2021).

Bapak Zaenal Arifin dalam sambutannya menguraikan, ”Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Magelang, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Akademi Militer beserta segenap Civitas Akademika Akademi Militer yang telah mempercayakan Kabupaten Magelang sebagai lokasi Latihan Praja Bakti pada tahun 2021”.

Dok.jarrakpos/fri

“Salah satu fungsi utama TNI adalah melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) sebagai upaya membina hubungan dengan masyarakat guna memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Metode yang digunakan dalam Pembinaan Teritorial diantaranya berupa Operasi Bakti TNI, Pembinaan Ketahanan Wilayah dan Pembinaan Komunikasi Sosial, dimana salah satu wujud implementasi dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pembinaan Teritorial TNI telah dilaksanakan oleh Akademi Militer dengan melaksanakan Latihan Praja Bakti Taruna Akmil”, tegas bapak Bupati Magelang.

Baca juga:  Hendi Dorong Seniman Bangkit Berkreasi
Dok.jarrakpos/fri

“Latihan Praja Bakti mengandung banyak manfaat bagi Taruna, terutama dalam rangka mengaplikasikan materi pelajaran dan pengetahuan teritorial di tengah-tengah masyarakat, yang nantinya akan diterapkan di dalam penugasan para Taruna Akademi Militer di satuan TNI AD. Oleh karena itu, beliau berharap Taruna peserta Latihan Praja Bakti untuk benar-benar memanfaatkan waktu latihan yang sangat terbatas ini dengan sebaik-baiknya, tanpa mengesampingkan pencapaian sasaran latihan yang telah ditetapkan lembaga Akademi Militer, sehingga nantinya Taruna akan memperoleh gambaran komprehensif tentang pelaksanaan aplikasi karya bakti dan bakti sosial secara langsung di masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Magelang”, lanjutnya.

Baca juga:  PPP Tanjungbalai Optimistis Raih 4 Kursi di Pileg 2024

Di akhir sambutan beliau berpesan, “agar jangan ragu untuk melakukan koordinasi dengan Jajaran Pemerintah Kabupaten Magelang apabila memerlukan informasi yang berhubungan dengan latihan kali ini”.

Dok.jarrakpos/fri

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Candra Wijaya, Bupati Magelang Bapak Zaenal Arifin, S.IP. beserta staf, Inspektur Akademi Militer, Brigjend TNI Saiful Rahman, S.Sos, Direktur Pendidikan Akademi Militer, Brigjend TNI Yudi Yulistyanto, M. A., M.Sc., Komandan Resimen Taruna Akademi Militer, Brigjen TNI Muhammad Muchidin, S.Sos, Kapolres Magelang, AKBP Mochammad Sajarod Zakun, SH, S.I.K, Dandim 0705 Magelang yang diwakili oleh Perwira Penghubung Mayor Infanteri Yakobus Totok, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang yang diwakili Kasi Pidum, Bapak Toto Harmiko, SH. Ketua Pengadilan Negeri Mungkid yang diwakili oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Mungkid, Bapak Puji Setyawan, SH.,MH, dan para tamu Undangan yang lain.(fri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button