NASIONAL

PSN 2020 Dikerjakan, Pembangunan Bandar Udara di Kubutambahan Tuntas Tahun 2023


Buleleng, JARRAKPOS.com – Relawan Setia Jokowi, Antonius Senjaya Kiabeni membeberkan, setelah Perpres No.109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) ditandatangani oleh Presiden Jokowi, sebaiknya semua pihak, termasuk para pejabat di pemerintah pusat dan daerah harus tancap gas menindaklanjuti dengan pelaksanaan di lapangan. “Kerja dan Kerjakan, bukan lagi ada wacana-wacana lain, seperti membuat FS (feasibility study) atau studi kelayakan baru untuk memindahkan lokasi yang telah dipilih oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI, yaitu di Desa Kubutambahan. Apalagi lokasi tersebut telah pula ditinjau oleh Menteri Perhubungan RI didampingi Gubernur Bali dan Bupati Buleleng serta para pejabat terkait,” papar Antonius saat dihubungi, Rabu (16/12/2020) sore.

Insert foto: Pemindahan lokasi dengan menggusur Hutan Lindung dan Taman Nasional Bali Barat.

Sebelumnya dikatakan, di hadapan awak media Menhub pada kesempatan itu, sudah menyampaikan bahwa lokasi Kubutambahan ini sangat layak dibangun bandar udara. Namun belakangan malah muncul usulan berupa proposal pemindahan lokasi dengan menggusur Hutan Lindung dan Taman Nasional Bali Barat. “Seperti foto yang saya lampirkan tertera banyak permasalahan, seperti memindahkan Saluran Listrik Tegangan Extra Tinggi (SUTET, red) PLN yang penyelesaiannya memakan waktu banyak dengan biaya tinggi. Begitu juga harus memotong bukit setinggi 89 meter yang dipuncaknya berdiri pura masyarakat setempat yang disucikan akan menimbulkan polemik. Jadi rencana pemindahan lokasi itu, selain merusak lingkungan, juga biayanya sangat tinggi Semua upaya diatas kami prediksi mustahil dan berpotensi gagal,” sentilnya.

Antonius kembali mengingatkan semua pihak untuk mengikuti tata cara pemilihan lokasi berdasarkan sistem peraturan yang masih berlaku. “Kasihan Pak Jokowi yang sudah berniat baik kepada rakyat miskin Bali Utara, namun terhambat dengan proposal kedua yang masih mengandung banyak permasalahan seperti itu,” tandasnya, seraya menjelaskan pada lampiran PSN 2020 Bandar Udara di Kubutambahan sudah diikuti dengan sarana penunjangnya, berupa PSN Bendungan Tamblang dan PSN Konektivitas Jalan Rel Kereta Api Mengwitani-Kubutambahan, Buleleng. “Usulan pemindahan lokasi ini bisa mengakibatkan PSN turunannya gugur dan berpotensi sebagai kebohongan publik dan merugikan keuangan negara, karena pembangunan proyeknya sedang berlangsung dengan menggunakan dana APBN,” bebernya.

Insert foto: PSN Konektivitas Jalan Rel Kereta Api Mengwitani-Kubutambahan, Buleleng.

Ia kembali meminta agar semua pihak bisa legowo dan mengikuti PSN Bandar Udara di Kubutambahan, karena lahan tersedia sangat luas, bahkan ribuan hektar. “Clear dan clean, jadi tinggal dikerjakan-kerjakan-kerjakan dan mulai dibangun, sehingga bisa menjadi legacy Jokowi terwujud dan dituntaskan pada tahun 2023,” tutupnya. tim/ama/ksm


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close