DAERAH

Bupati Artha Cek Pembangunan Pura Dang Kahyangan Indrakusuma



Jembrana, JARRAKPOS.com – Komitmen pemerintah kabupaten untuk menjaga kelestarian dan kesucian pura-pura yang ada di Jembrana dibuktikan dengan melakukan perbaikan demi perbaikan setiap tahun terhadap sejumlah pura yang mengalami kerusakan. Tidak hanya itu pemkab Jembrana juga telah melakukan pembangunan palinggih-palinggih yang menjadi kelengkapan pura, termasuk membangun infrastruktur yang digunakan untuk kepentingan pura. Khususnya di Pura Dang Kahyangan Indrakusuma, Jumat (17/1/2020), Bupati Jembrana I Putu Artha didampingi para Asisten dan pimpinan OPD lingkup Jembrana usai melaksanakan Senam di GKBK langsung mengecek pembangunan pura yang hampir tuntas pengerjaannya.

Baca juga:  Gubernur Koster Resmi Wujudkan Janji Gedung MDA Bali

Baca juga : Kembang Hartawan Disuntik Amunisi Dukungan Advokat Muda Jembrana

Bupati Jembrana I Putu Artha dalam kunjungannya menyampaikan, Pura Dang Kahyangan Indrakusuma merupakan satu dari enam Pura Dang Kahyangan yang ada di Jembrana yang juga mendapat renovasi pembangunan yang bersumber dari dana PHR, APBD dan juga dukungan donatur dari CSR. “Hari ini kita lakukan pengecekan langsung ke Pura Indrakusuma, dan hasilnya sudah sangat baik dan luar biasa. Pembangunan tersebut kita lakukan agar sesuai dengan program yang kita canangkan untuk menjaga kelestarian dan kesucian pura – pura yang ada di Jembrana, dengan begitu tidak akan ada Pura yang tidak terurus dan sesuai dengan aturan dari Parisadha. Harapan kami kesadaran umat yang tangkil menghaturkan bhakti di Pura Indra Kusuma terus mengalami peningkatan.,” ujarnya.

Baca juga:  Wabup Kembang Resmikan Desa Melaya Jadi Penerima Pamsimas Pertama

Di samping itu, Bupati Artha menambahkan terkait dengan upacara pemelaspasan yang juga dibarengi dengan upacara ngenteg linggih di Pura Indrakusuma yang akan diadakan bulan Oktober nanti, pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan Gubernur. “Terkait upacara melaspas sekaligus ngenteg linggih nanti juga akan kita bantu dan kembali kita koordinasikan dengan Gubernur,” tukas Artha. Sementara Pemangku setempat Gusti Ngurah Suasana, mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah yang dari awal hingga tuntas pembangunannya nanti.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Turun Langsung Edukasi Masyarakat

Baca juga : Jelang Launching, Bupati Artha Tinjau RSU Negara 

“Sebagai Pura Dang Kahyangan Indrakusuma yang di empon oleh tujuh Desa Pakraman yang ada di Kecamatan Melaya, pembangunannya bisa bagus seperti sekarang ini. Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan pemerintah. Dan semoga pembangunannya bisa tuntas semua sebelum upacara melaspas dan ngenteg linggih awal Oktober nanti,”ucap Ngurah Suasana. mas/ama/*


Close