EKONOMI

Imbas Covid-19, Penjualan Listrik PLN Tumbuh 8,13%

Denpasar, JARRAKPOS.com – Imbas dari himbauan pemerintan untuk membatasi aktivitas diluar rumah akibat wabah Covid-19 di Provinsi Bali, turut meningkatkan pertumbuhan penjualan/pemakaian listrik di luar kebutuhan hotel dan industri. Manager Komunikasi PLN UID Bali, Made Arya mengatakan, pertumbuhan penjualan tenaga listrik terjadi pada kelompok tarif rumah tangga. “Saat ini masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, tentu berpengaruh pada pemakaian listrik yang meningkat,” ungkap Made Arya, Jumat (17/4/2020).

1bl-bn#17/4/2020

Dijelaskan, saat ini PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali mencatat terjadi pertumbuhan penjualan listrik sebesar 8,13% pada Maret 2020. Namun bila dibandingkan pertumbuhan pada bulan sama tahun sebelumnya justru lebih rendah 2,07%. Kendati mengalami penurunan, PLN memprediksi pertumbuhan penjualan listrik pada tahun 2020 akan mencapai 4,52%. Ditengah kondisi saat ini untuk memberikan keringanan pada masyarakat, pada bulan April hingga Juni terdapat 468.176 pelanggan rumah tangga subsidi yang menerima stimulus Covid-19.

Baca juga:  HUT ke-53 Kadin, Pro Kerakyatan Solusi Ekonomi Bali
12th-ik#27/3/2020

Pemberian subsidi ini dilakukan sesuai dengan basis data Terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). “Stimulus berupa listrik gratis untuk daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan rumah tangga subsidi daya 900 VA,” jelas Arya lanjut jelaskan pengguna listrik prabayar dapat mengakses token listrik melalui website PLN dan Whatsapp. Pada kondisi saat ini, PLN ditegaskan tetap melakukan pelayanan kelistrikan secara maksimal. Pelanggan tetap bisa mengakses layanan pasang baru atau perubahan daya melalui contact center PLN 123 dari rumah tanpa perlu ke kantor PLN.

Baca juga:  Patung Bung Karno Ke-4 Di Semarang Diresmikan Megawati, Hendi Ucapkan Terima Kasih
3bl-ik#4/2/2020

Untuk pembayaran listrik atau pembelian token juga sarankan untuk memaksimalkan layanan Daring. “Tidak hanya telepon, Contact Center PLN 123 juga dapat diakses melalui media sosial Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, Instagram @pln123_official atau langsung melalui website PLN dan aplikasi PLN Mobile,” tandas Made Arya. eja/ama

Related Articles

Back to top button