DAERAH

Bantuan Pangan B2SA Diberikan Kepada Seluruh Siswa SD Ngemplak Windusari

MAGELANG – Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah memberikan edukasi konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) kepada 16 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) di Jawa Tengah. SD Negeri Ngemplak, Windusari, Magelang menjadi salah satu sasaran kegiatan tersebut. Pemberian edukasi kepada para siswa di sekolah ini disampaikan melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Jumat (17/09/2021).

Dok.jarrakpos/fri

Mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Wahyudi, S.ST menjelaskan bahwa edukasi ini guna mendukung kegiatan Promosi Pencapaian Target Konsumsi Pangan Perkapita/Tahun sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi melalui Media Provinsi di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga:  Santri Ponpes Se- kota Padangsidimpuan Mulai Divaksin

“Salah satu upaya adalah kegiatan Pemberian Makan B2SA pada siswa SD/MI. Tujuannya untuk mengenalkan dan memotivasi, partisipasi masyarakat di lingkungan SD/MI dalam meningkatkan kualitas pangan yang B2SA,” terang Wahyudi di SD Negeri Ngemplak.

Lebih lanjut Wahyudi mengatakan pemberian makan B2SA termasuk untuk 110 siswa di SD Negeri Ngemplak ini diberikan untuk empat kali. Yaitu dijadwalkan tanggal 17, 20, 22, dan 24 September 2021.

“Adapun besaran biaya pemberian makan per sekali makan per anak sebesar 16.345 rupiah,” lanjutnya.

Baca juga:  Kapolda Jateng Tegaskan Seratus Persen Bersifat Simpatik dan Humanis Saat Gelar Operasi Patuh Candi

Wahyudi menjelaskan Pangan B2SA adalah aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, lemak maupun vitamin dan mineral, yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan aman bagi kesehatan.

Sementara di lokasi yang sama sebelum secara simbolis bantuan pangan B2SA kepada siswa Camat Windusari Subiyanto, S,H., M.M. memberi pemahaman kepada para siswa bahwa makanan bergizi tidak harus mahal. Windusari sangat kaya hasil pertanian termasuk sayuran yang bergizi.

Dok.jarrakpos/fri

“Sampaikan kepada orang tua kalian untuk memasak makanan yang bergizi. Bapak Ketua Komite Sekolah, Bapak Kepala Desa akan membantu memberi pemahaman kepada masyarakat Ngemplak tentang pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman. Agar kalian menjadi anak yang tumbuh sehat dan cerdas,” pesan Subiyanto.

Baca juga:  Gunakan Mobil Patroli, Kapolsek Laenmanen Jemput Ibu Hamil dan Menyusui Terima Vaksin Covid-19

Hadir dalam acara itu Tim dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Camat Windusari beserta staf, Korwil Disdikbud Windusari, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Windusari, Kepala Desa Ngemplak, dan Ketua Komite Sekolah. Mereka diterima oleh Kepala SD Negeri Ngemplak, Usman Setiadi, S.Pd beserta para guru. (Fri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button