POLITIK

Musda Partai Demokrat Jabar Pilih Calon Pemimpin Partai Demokrat Jabar, AHY : Jaga Kekompakan dan Kekeluargaan

Jarrakpos.com. Dua orang bakal calon Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat (Jabar) yang sah dan telah memenuhi syarat AD-ART serta peraturan organisasi berdasarkan proses verifikasi yang dilakukan oleh DPP, bersaing untuk memimpin Partai Demokrat Jabar.

Keduannya akan beradu memperebutkan kursi ketua melalui Musda ke-V DPD Partai Demokrat Jawa Barat.

Ketua SC Musda ke-V DPD Partai Demokrat Jawa Barat Asep Wahyuwijaya mengatakan, dua kandidat bakal calon Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat ialah pertama Irfan Suryanaga dan kedua H Anton Sukartono Suratto.

Irfan Suryanagara merupakan sosok yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat sekaligus calon petahana yang mendapat dukungan kembali untuk melanjutkan memimpin Partai Demokrat Jabar ke depan. Sementara itu, Anton Sukartono Suratto saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI.

“Mereka berdua adalah dua kader terbaik Partai Demokrat Jabar usungan para Ketua DPC Partai Demokrat yang berhak masuk ke ruang sidang Musda Ke-V Partai Demokrat Jawa Barat sebagai bacalon,” kata Asep.

Baca juga:  SBY : Hanya Ada Satu Matahari di Partai Demokrat

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingatkan kepada para kadernya tentang pentingnya menjaga kekompakan dan kekeluargaan. Karena dengan begitu, dapat mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Pemilu 2024.


Banner Iklan Sariksa

AHY juga meminta semua kader bersama-sama membesarkan Partai Demokrat. Kader harus mempunyai komitmen memenangkan Partai Demokrat di Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan AHY saat membuka Musda ke-5 Partai Demokrat Jawa Barat melalui virtual, Rabu (19/1).

“Dengan kompak dan bersatu kita bisa menghadapi segala rintangan. Semua itu sudah kita lalui bersama-sama,” tegas AHY.

Seperti diketahui, ada dua nama yang akan ikut pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat. Yakni dari calon incumbent Irfan Suryanagara dan anggota DPR RI Anton Suratto Sukartono.

AHY berpesan Musda dijadikan ajang konsolidasi internal partai, utamanya menghadapi Pemilu 2024. Dia mengingatkan,Musda jangan sampai justru membuat partai terbelah.

“Musda jangan terpecah belah, karena setiap orang punya kelebihan dan punya kekurangan. Sehingga saling mengisi dan melengkapi. Demokrat sebagai rumah besar berikan contoh kepada rakyat,” jelas AHY.

Baca juga:  Polres Magelang Kota Gelar Apel Konsolidasi

Menurut AHY, Demokrat partai yang demokratis beretika. Sehingga harus menunjukan sikap yang baik. Harapannya, di Musda dapat melahirkan gagasan konsep untuk kebesaran partia.

“Kita harapkan Musda dapat melahirkan ide, gagasan, dan konsep bagaimana punya visi dan misi membesarkan partai, apalagi menghadapi Pemilu 2024 nanti,” jelas AHY.

Untuk itu, AHY meminta para kader untuk menangkan Partai Demokrat di Jawa Barat. “Jawa Barat sebagai partai pemenang. Musda ke-5 harus menjadi momentum agar Demokrat semakin solid dan siap memiliki kekuatan mencapai target politik kita,” katanya.

AHY minta seluruh kader membuat program aksi nyata membantu masyarakat. Dia juga meminta gelorakan semboyan Demokrat berkoalisi dengan rakyat.

”Salah satu contoh awal masa pandemi Covid gerakan peduli corona, turun langsung ke masyarakat memberikan bantuan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua SC Musda Demokrat Jabar, Asep Wahyuwijaya mengatakan, Musda dalam rangka ajang konsolidasi di tingkat daerah. Setelah Musda, selanjutnya DPD mempunyai agenda Musyawarah Cabang di tingkat DPC. Kemudian musyawarah di tingkat pengurus ranting.

Baca juga:  Koramil 19/Borobudur Salurkan Zakat Fitrah

Asep menjelaskan, prinsip dasar pelaksanaan Musda ini yaitu sebagai momentum konsolidasi untuk memperkuat dan menyolidkan struktur partai. Kedua, sebagai harmonisasi ide serta gagasan para kader dalam menghadapi tantangan serta arah pembangunan partai.

“Ketiga sebagai ajang rekonsiliasi dalam menyatukan perbedaan pandangan yang ada,” kata Asep.

Dengan pendekatan yang demokratis dan mengedepankan etika Musda akan
melahirkan gagasan konsep membesarkan Demokrat di Pilpres 2024,” kata
AHY.

Dalam acara pemilihan ketua, perolehan suara sementara, Irfan Suryanagara meraih suara sebanyak 18 suara. Sementara Anton mengantongi 10 suara.

Hasil itu akan diserahkan DPP Partai Demokrat untuk disahkan. Ketua SC Musda V DPD Partai Demokrat Jabar, Asep Wahyuwijaya menjelaskan, hasil Musda Partai Demokrat Jabar ini jadi kekuatan penuh untuk AHY di Pilpres 2024.

 

 

 

Sumber : Partai Demokrat Jabar
Editor : Kurnia

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button