Kejadian Mistis di Areal Penglukatan Taman Pecampuhan Sala


BANGLI, JARRAK POS – Percaya atau tidak namun memang berbagai hal mistis di sebuah tempat Penglukatan yang menyimpan kesakralan serta daya tarik baik secara spiritual maupun keindahannya. Tempat Melukat ini adalah Taman Pecampuhan Sala yang terletak di di Banjar Sala, Desa Abuan, Susut – Bangli.

Banyak hal mistis terjadi belakangan ini, kabarnya ada salah satu pemedek yang memuntahkan 2 ekor lintah saat melukat di Tirta Tulak Wali yang merupakan Pesiraman Dedari. Ada juga kejadian seorang warga luar daerah yang menghilang selama 3 hari di tempat ini dikarenakan memiliki niatan yang tidak baik. Dan berbagai hal mistis lain yang diceritakan langsung oleh Jro Mangku Tirta.

“Selama beberapa bulan terakhir ini cukup banyak pemedek yang melukat di tempat ini. Beberapa mengaku mendapat bisikan dari mimpi,” katanya. Sebuah tempat wisata spiritual yang sangat mendamaikan dengan suasana alami. Sebuah tempat melukat yang suci dengan 2 air terjun menawan. Sangat terasa kesakralannya saat berada di tempat ini.

Terdapat 9 pancoran yang bersumber dari tebing yaitu Tirta Utama, Tirta Bumbung, Tirta Wali dan Tirta Pandan.
Selain tirta suci dari pancoran 9, tempat penglukatan ini merupakan pertemuan 2 sungai yang menjadikan tempat ini lebih sakral.

Urutan Melukat :

1. Sembahyang ngaturang piuning dengan sarana Pejati
2. Ngaturang canang dan melukat di Pecampuhan (di pertemuan air sungai di bawah
3. Melukat di Gerojogan (Air Terjun) Tirta Tulak Wali yang konon merupakan pesiraman dedari.
4. Melukat di Gerojogan Pesraman ‘Tan Hana’ (ada namun tak terlihat)
5. Melukat di 2 pancoran tirta di bawah penglukatan utama. Disini bisa juga menjadi tempat melukat bagi yang sedang cuntaka (tidak perlu melukat di penglukatan utama)
6. Melukat di penglukatan utama dimulai dari pancoran selatan samapi nomor 3 kemudian ke 2 pancoran di utara dan terakhir di pojok.
7. Muspa terakhir di Pura Taman Pecampuhan Sala dengan sarana pejati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *