Saat Cuti Bersama Lebaran, Layanan Samsat Makin Membludak

Ket foto : Kepala UPT Samsat Kota Denpasar, Putu Sudiana, S.Sos saat cuti bersama Lebaran memantau pelayanan samsat, Senin (11/6/2018).


Denpasar, JARRAKPOS.com – Kesadaran wajib pajak (WP) ternyata tetap membludak di Kantor UPT Samsat di seluruh Bali. Kondisi ini tidak terlepas dari komitmen Gubernur Bali Made Mangku Pastika melalui surat edaran perihal Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2018. Dimana layanan samsat di UPT Bapenda Provinsi Bali dan di kabupaten/ kota se-Bali pada cuti bersama tetap buka selama 7 hari. Layanan samsat buka seperti biasa dan dimasukan sebagai hari kerja dibarengi dengan antusias WP karena sejak awal bulan lalu sosialisasi samsat buka saat libur cuti bersama sudah dilakukan dengan baik di masyarakat.

Layanan samsat (BBNKB dan PKB) berlaku tanggal 11 hingga 20 Juni 2018, terkecuali hari libur nasional Idul Fitri 1439 Hijriah yang jatuh pada tanggal 15 dan 16 Juni 2018. Kepala UPT Samsat Kota Denpasar, Putu Sudiana, S.Sos saat dijumpai Jarrak Pos, Senin (11/6/2018) mengatakan, membludaknya WP untuk membayar pajak kendaraanya karena seperti tahun sebelumnya pelayanan samsat tetap buka. Namun khusus tahun ini bagi kendaraan yang jatuh tempo akan tetap dikenakan denda sehingga antusias masyarakat untuk membayar pajak kendaraannya tetap tinggi seperti hari kerja biasanya.

Pelayanan samsat kendaraan bermotor untuk hari pertama libur cuti bersama tetap dibuka pukul 8:00 wita dan tutup pukul 14:00 wita. Melayani sekitar 6 ribu WP di hari pertama libur cuti bersama menandakan tidak adanya perbedaan yang mencolok dibandingkan pelayanan di hari kerja biasa. Di hari kerja biasa Senin hingga Kamis biasanya melayani 5 ribu hingga 6 ribu sedangkan di akhir pekan 3500 hingga 4 ribu WP yang membayar pajak kendaraannya. Menariknya suksesnya sosialisasi yang dilakukan diseluruh Bali membuat pelayanam samsat berjalan seperti biasa diseluruh kabupaten dan kota. “Perkiraan saya hari ini ada sekitar 6 ribu yang nyamsat kendaraannya. Tadi kordinasi dengan seluruh UPT Samsat, di Buleleng perkiraanya diatas seribu, Karangasem walaupun dalam kondisi Gunung Agung yang masih erupsi tetapi angka WP masuk 800 hingga 1000, Klungkung dengan kepala UPT yang baru juga kita kordinasi ramai sekali perkiraan sampai 1.200, Gianyar hampir 3 ribu dan Badung hampir menyamai Denpasar 3500 sampai 4000 untuk pagi senin ini,” Terangnya.

UPT Samsat Kota Denpasar didukung tenaga pelayanan hampir 160 orang tersebar di samsat induk, samsat pembantu, konter dan samsat keliling. Dibukanya layanan samsat pada saat pelaksanaan libur cuti dibarengi pemberlakuan denda sehingga aplikasi samsat online Bali diseting sebagai hari kerja. Seluruh tim yang terkait dalam pelayanan samsat juga melayani WP dengan optimal sebagai bentuk pelayanan publik yang berkualitas. Pejabat asal Buleleng ini juga mengatakan, tetap tingginya antusias masyarakat untuk membayar pajak karena banyak masyarakat yang belum melaksanakan aktifitas mudik lebaran sementara jatuh tempo membayar pajak kendaraan sudah hampir tiba. Namun secara umum tetap tingginya jumlah rata-rata masyarakat yang membayar pajak terlepas dari beroperasinya pelayanan samsat di saat libur cuti bersama karena memang disebabkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak terus meningkat dari tahun-ketahunya. “Perkiraan saya satu karena mudik, kedua kesadaran masyarakat membayar pajak sudah tumbuh sangat baik,” imbuhnya seraya menegaskan samsat buka 7 hari saat cuti bersama kecuali hari libur Idul Fitri. eja/ama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here