Maju Pileg 2019, Ketua Umum Kadin Bali Jadi Caleg New Comer DPR RI

Ket foto : Sekretaris DPD Partai Gerindra Bali I Wayan Wiratmaja (kiri) saat bersama Caleg new comer DPR RI AA Alit Wiraputra.


Denpasar, JARRAKPOS.com – Ketua Umum (Ketum) Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra dipastikan maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) new comer (pendatang baru) DPR RI dari Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) Bali. Menurut Sekretaris DPD Partai Gerindra Bali I Wayan Wiratmaja, nama Alit Wiraputra sudah masuk dalam daftar bacaleg yang akan disampaikan DPD Partai Gerindra Bali ke Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto untuk mendapatkan SK (Surat Keputusan) Penetapan dalam DCS (Daftar Calon Sementara) yang selanjutnya akan didaftarkan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) setempat. “Nama-nama bacaleg untuk DPR RI, DPRD Bali dan DPRD Kabupaten/Kota se-Bali akan kami sampaikan besok (5 Juli 2018-red) ke DPP untuk mendapatkan persetujuan dan SK dari Ketua Umum,” ungkap Wiratmaja saat ditemui di Denpasar bersama Alit Wiraputra, Rabu (4/7/2018).

Terkait masuknya nama Alit Wiraputra sebagai bacaleg DPR RI, Wiratmaja menerangkan tokoh pengusaha Bali itu juga merupakan kader loyal Gerindra dan juga banyak berjuang membesarkan partai. Alit Wiraputra kini duduk di kepengurusan partai selalu Wakil Ketua DPD Gerindra Bali Bidang UMKM dan Koperasi. Disisi lain, dari aspek figur dan ketokohan, Alit Wiraputra telah banyak berjuang membantu dan membangkitkan pengusaha lokal Bali khususnya pula di ranah UMKM. Terlebih lagi dengan posisinya sebagai Ketua Umum Kadin Bali, Alit Wiraputra yang juga mantan Ketua Kadin Badung itu telah berkontribusi nyata pada pengembangan dunia usaha dan ekonomi di pulau dewata. “Kami merekrut kader muda potensial agar maju ke pusat. Salah satunya Pak Alit Wiraputra. Apalagi dengan pengalaman beliau di Kadin Bali tentu sangat penting agar bisa memperjuangkan ekonomi Bali di pusat,” kata Wiratmaja.

Sementara itu saat dimintai tanggapannya soal penugasan Partai Gerindra Bali agar dirinya maju ke DPR RI, Alit Wiraputra menegaskan siap menjalankan amanat dan tugas partai dengan bekerja keras. “Saya siap maju menjalan tugas partai. Kepercayaan ini akan saya jalankan sepenuh hati dan demi rakyat Bali,” tegasnya. Di Senayan nanti, dirinya juga ini membela dan memperjuangkan kepentingan wirausaha khususnya pelaku UMKM di Bali serta merebut berbagai peluang usaha yang ada. Apalagi pertumbuhan ekonomi Bali selalu di atas rata rata nasional sehingga peluang terbuka lebar untuk wirausaha baru. “Saya ingin memperjuangkan pengusaha Bali untuk bisa jadi tuan di rumah sendiri dan merebut peluang usaha yang ada. Maka saya terus memotivasi generasi muda untuk menjadi pengusaha,” tegasnya.

Selain nama Alit Wiraputra, dalam daftar bacaleg DPR RI Partai Gerindra Bali ada pula nama incumbent Ida Bagus Putu Sukarta yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Bali. Berikutnya ada nama-nama lama seperti AA Bagus Jelantik Sanjaya yang juga mantan anggota Komisi IV DPR RI periode 2009-2014 dari Gerindra Bali. Jelantik Sanjaya juga sempat maju kembali dalam Pileg 2014 namun gagal tembus ke Senayan. Sebab hanya meraih peringkat dua di internal Gerindra dengan 34.955 suara di bawah Gus Sukarta dengan perolehan 53.522 suara. Nama lama lainnya yang kembali muncul dalam bacaleg Pileg 2019 adalah I Made Jayantara yang pada Pileg 2014 juga gagal lolos ke Senayan dengan hanya meraih 16.506 suara. Selain itu ada pula nama Pino Jeffta Udayana Bahari yang lada Pileg 2014 gagal lolos. Pino Bahari yang merupakan mantan petinju peraih medali emas Kelas Menengah (75 Kg) Asian Games Beijing 1990 itu hanya mampu meraup 4.951 suara. Namun selain Alit Wiraputra, ada pula nama-nama baru yang diusung Gerindra Bali untuk bertarung ke pusat seperti Putu Sugianyar, I Gusti Ketut Puriartha alias Gus Krobo yang juga Ketua DPC Gerindra Badung. Untuk caleg perempuan juga diisi nama-nama baru yang belum pernah nyaleg ke DPR RI. ana/ama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here