Simantri Bali Mandara Sinergikan Teknologi Pupuk Organik Plus Inokulum Mikroba

Ket foto : Kepala UPT Simantri Bali Mandara I Wayan Sunada bersama Wakil Bupati Karangasem Putu Artha Dipa di Karangasem, Minggu (8/7/2018).


Karangasem, JARRAKPOS.com – Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi (Simantri) Bali Mandara Bali bersama Pemerintah Kabupaten Karangasem bersinergi dalam menghasilkan teknologi pembuatan pupuk organik plus inokulum mikroba. “Pupuk ini mampu mempercepat pembungaan sehingga tanaman akan berbuah sepanjang tahun tidak mengenal musim,” kata Kepala UPT Simantri Bali Mandara I Wayan Sunada di Karangasem, Minggu (8/7/2018).

Hal itu disampaikan ketika Koordinasi UPT Pertanian Terintegrasi Pemerintahan Kabupaten Karangasem diterima di rumah jabatan Wakil Bupati (Wabup) Karangasem I Wayan Artha Dipa. Pada kesempatan itu, hadir pula Kadis Pertanian Karangasem serta kelompok ahli peneliti. Ia mengatakan, inokulum mikroba tersebut akan diperoleh dari para kelompok ahli peneliti. “Inokulum mikroba juga dapat digunakan sebagai zat pengatur tumbuh untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman dengan cara perbanyakan melalui stek, yang nantinya dihasilkan tanaman yang sama dengan induknya,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem Putu Artha Dipa mengharapkan, adanya teknokogi yang menggunakan inokulum mikroba dapat menjawab tantangan dari masyarakat dalam hal pengendalian penyakit tanaman. Oleh karena, kenyataannya dilapangan banyak masalah yang dihadapi dipetani seperti misalnya tanaman mente yg terserang jamur akar putih, kakao dan jeruk yang sering terkena penyakit. “Semoga teknologi inokulum mikroba ini bisa segera diimplementasikan kepada masyarakat pertanian khususnya di Kabupaten Karangasem,” harapnya. aya/ama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here