Ketua Inti Bali Terima Mandat Sebarkan Senam AWS3 di Bali

Ket foto : Launching INTI Klub Bali Sehat, Pelatihan Instruktur Se-Bali Master AW dan senam bersama yang dihadiri oleh 1000 orang.


Tabanan, JARRAKPOS.com – Sudiarta Indrajaya yang dikenal dengan Sin mendapatkan mandat mengembangkan Senam Andrie Wongso (AW) Sehat Semangat Senang (S3) ke seluruh dunia, khususnya di Bali. “Ini sebuah kepercayaan kepada kami, berkat semangat dan sikap agresif para pencipta Senam AWS3 yang semarak berkembang ke seluruh daerah khususnya di Bali,” kata Sin yang juga Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Bali di Tabanan, Sabtu (28/7/2018).

Hal itu disampaikan ketika Launching INTI Klub Bali Sehat, Pelatihan Instruktur Se-Bali Master AW dan senam bersama yang dihadiri oleh 1000 orang. Keagresifan Bali berlatih Senam AWS3 telah berhasil memiliki instruktur lebih dari 200 orang. Kegiatan itu didukung oleh Ketua Dewan Pembina Dr Ir Frans Bambang Siswanto MM, Pembina Wiratni, I Nyoman Santiawan, Limanuel Kartika, Prof Dr Ir Anastasia Sulistyawati,MS,MM,MMis,D.Th,D.Par, P.hD dan Prof.Dr Ir I Wayan Windia, MS, Chandra Salim.

Ia mengatakan, perkembangan Senam AWS3 sudah tersebar beberapa kota besar Indonesia bahkan telah masuk pedesaan. Masyarakat menggemari senam tersebut karena mudah dilakukan, tanpa biaya, tempatnya juga fleksibel dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Selain itu , senam tersebut dapat menyehatkan tubuh maupun menyembuhkan beragam penyakit, jika dilakukan gerakannya dengan disipilin dan rutin.

Menurutnya, Senam AWS3 sejatinya cocok dikembangkan di Bali karena sebagian masyaratnya terkena penyakit kronis kolestrol, darah tinggi dan diabet. Ketiga penyakit tersebut akibat pola makan orang Bali kurang tepat, ditambah banyaknya acara adat yang menyiapkan makanan yang serba manis maupun daging dengan kolestrol tinggi. “Saya mengatakan tidak boleh, tetapi agar diatur dengan pola yang benar, mengingat perubahan iklim dan daya tahan tubuh manusia berubah,” ujarnya.

Sementara itu, Pencipta Senam SAWS3 Master Andrie Wongso menambahkan, pengembangannya sudah tersebar ke banyak negara tanpa sepengetahuan dari dirinya. Untuk itu, diharapkan mampu memberikan solusi kesehatan secara massal mewujudkan kehidupan sehat jauh dari penyakit..Bahkan dapat menyembuhkan beragam penyakit yang sudah dibuktikkan para penelun senam. “Senam ini unik dan tidak ada di dunia, buktikan saja di media sosial seperti Youtube, kan tidak ada gerakan model itu,” ujarnya yang juga menekuni Kungfu

Pendamping Senam AWS3 Lenny Wongso menceritakan pemanasan yang lakukan sebenarnya sudah lebih dilakukan oleh Andre Wongso selama 20 tahun. Sebagai pengajar Kunfu, Andre Wingso banyak belajar tentang struktur tubuh manusia sehingga banyak gerakan harus dimulai dari atas hingga kebawah. Latihan senam AW S3 sebaiknya juga dilakukan diatas matras karena gerakannya bisa lebih keras dari yoga untuk melatih kelenturan hingga mendekati seperti gerakan meditasi.

Sebanyak 80 persen peserta dinilai sudah benar dalam melakukan gerakan, karena peserta ada yang masih kaku sehingga harus berlatih lebih lama agar terjadi pelumasan dan penguatan otot dengan baik. “Senam untuk memperkuat otot seputar lutut karena perempuan atau bekas olahraga berat lutut menjadi pusat osteoporosis.

Utamanya perempuan usia diatas 40 tahun, Andre Wingso sudah empat tahun mengalami itu dan dokter bahkan pernah menyarankan untuk ganti tempurung. Jaman sekarang operasi tempurung itu bukan operasi yang besar tapi bagaimanapun yang namanya badah pasti beresiko. “Untuk itu, masyarakat agar mulai hari ini gemar Senam AWS3,” tutupnya. eja/ama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *