Peluang Kerja Tamatan STPBI Tembus Dunia Global

Ket foto : Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI), I Made Sudjana.


Denpasar, JARRAKPOS.com – Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI), I Made Sudjana mengungkapkan STPBI menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkelas internasional untuk merebut pangsa pasar global. “Peluang usaha pariwisata tanpa batas karena global bukan lokal hanya ada di Bali atau Indonesia, bahkan trend dunia kebutuhan akan layanan kepariwisataan terus mengalami peningkatan sesuai dengan data World Tourism Organization (UN-WTO),” kata Sudjana di Denpasar, Sabtu (4/8/2018).

Hal itu disampaikan ketika penutupan Pembinaan Dasar Sikap Profesi (PDSP) STPBI yang diiikuti oleh 1403 orang yang berlangsung selama seminggu tanggal 30 Juli hingga 4 Agustus. Menurutnya, peluang kerja industri pariwisata tidak akan pernah habis, justru semakin berkembang arus teknologi semakin besar minat orang berwisata. Pontensi besar itu, masih banyak masyarakat belum mampu menangkap, namun pihaknya selalu memberikan kurikulum sesuai kebutuhan industri.

Itu terbukti semua lulusannya diterima bekerja bahkan yang belum lulus pun banyak yang meminati. Ia mengatakan, pihaknya masih berupaya menjaga kualitas lulusan agar mampu bersaing secara global. Untuk itu, pihaknya telah berhasil memiliki ijin pertama di Indonesia dengan Internasional Traning Network (ITN) dalam memberangkatan mahasiswa pelatihan selama setahun ke Amerika.

Disamping itu, program tersebut juga berjalan di Negara Jepang dan Tailand. STPBI Bali sedang menyiapkan pengiriman pelatihan ke Negara Siangapura. Sementara itu, Ketua Panitia PSDB STPBI I Gusti Made Suka Arnawa menambahkan, ajang itu dapat mendukung keberhasilan lulusan yang bermutu.

Ketua Panitia PSDB STPBI I Gusti Made Suka Arnawa.

Kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan pembekalan dalam membangun karakter dan disiplin kerja dalam dunia pariwisata. “Kami memang sengaja berikan tugas untuk membiasakan bekerja dibawah tekanan dan bisa kerja kelompok,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya menghadirkan Brimob Polda Bali melatih kekuatan fisiknya dan menjadi orang tidak cengeng. Selain itu, mahasiswa baru juga dibekali dengan pengetahuan bahaya penyalahgunaan narkoba dan narkotika dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Industri hotel dan restoran Bali memberikan materi etika dan karakter bekerja diperhotelan. Sedangkan Agen PT Bali Duta Mandiri memberikan pengarahan prosesur dan teknis tenaga kerja ke luar negeri. Begitu juga, mengundang Alumni STPBI memotivasi mahasiswa baru agar menempuh pendidikan dengan penuh prestasi. aya/ama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *