Wakil Rakyat “Sejuta Traktor” Resmikan UPPO Nandini Nadi, Bantu Penuhi Kebutuhan Pupuk Organik


Tabanan, JARRAKPOS.com – Usai menggelontorkan bantuan senilai total Rp1,2 milyar berupa 5 unit UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik) bibit Sapi Ruminansia serta PUPM (Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat) 2018 di Desa Mambang, Selemadeg Timur, Tabanan (3/11/2018), Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si disela-sela agenda resesnya kembali meresmikan UPPO Nandini Nadi di Banjar Tunjuk Kaja, Desa Tunjuk, Tabanan, Kamis (8/11/2018). UPPO Nandini Nadi ini, menjadi satu kelompok ternak yang menerima bantuan dana aspirasi dari Kementerian Pertanian yang diperjuangkan langsung oleh Anggota Bangar (Badan Anggaran) MPR RI itu senilai Rp200 juta.

Anggota dewan yang mendapat julukan Wakil Rakyat “Sejuta Traktor” ini, turun langsung menyalurkan bantuan dana program UPPO kepada kelompok ternak di seluruh Bali. Termasuk penyerahan bantuan secara simbolis di Kandang Kelompok Ternak Nandini Nadi yang disaksikan Bendesa Adat Tunjuk I Made Nawa, SH, bersama Perbekel Tunjuk I Nyoman Budiasa, PPL serta ratusan anggota UPPO Nandini Nadi bersama ratusan petani dan krama subak setempat. “UPPO sebagai Unit Pengolahan Pupuk Organik, merupakan program strategis dan unggulan pemetintah Jokowi. Program dalam rangka menjawab penggunaan pupuk organik, sekaligus untuk perbaikan kualitas tanah serta meningkatkan produktivitas dan kesinambungan pembangunan pertanian berkelanjutan,” ungkap Made Urip.

Baca juga :

Wakil Rakyat “Sejuta Traktor” Resmikan UPPO Nandini Nadi, Bantu Penuhi Kebutuhan Pupuk Organik

Program UPPO diberikan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan dua periode itu, kepada kelompok sudah lengkap dengan fasilitasnya, termasuk pembuatan kandang sapi serta pencacahan rumput dan angkutan kecil. Program UPPO ini merupakan upaya pemerintah mendukung petani untuk membangun kemandirian pupuk organik. “Melalui program UPPO ini, kita memberikan bantuan dana untuk membangun rumah kompos, alat pengolah pupuk organik, kendaraan roda tiga sebagai sarana angkutan, dan bangunan kandang ternak komunal pengembangan UPPO,” kata Politisi asal Banjar Cau, Marga, Tabanan itu dipandang penting untuk memperbaiki struktur tanah dengan penggunaan pupuk organik di seluruh Bali.

Karena itu, Made Urip juga akan terus memperjuangkan kelompok tani di seluruh Bali, sekaligus mengingatkan sektor pertanian menjadi salah satu andalan penopang perekonomian masyarakat Bali, karena pertanian dan pariwisata menjadi barometer untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali. Berbagai bantuan yang ada tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani secara langsung. “Saya titip pesan kepada kelompok-kelompok yang telah mendapatkan bantuan, agar bisa memanfaatkan sebaik-baiknya berbagai bantuan itu, agar bisa meningkatkan kesejahteraan anggota, khususnya, dan masyarakat di sekitarnya pada umumnya. Tentu tidak semua bisa memperoleh berbagai bantuan seperti ini, karena keterbatasan dana dan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Namun saya akan terus perjuangkan,” tegas Anggota DPR RI empat periode ini.

Baca juga :

Gelontorkan 20 Ribu Bibit Produktif, Made Urip Kawal Gerakan Go Green dan Organik di Bali

Pada kesempatan itu, Ketua UPPO Nandini Nadi, I Wayan Yasa mengaku sangat bersyukur Made Urip telah terbukti membantu perjuangan para petani dan krama subak, karena sudah lama menginginkan adanya fasilitas UPPO tersebut. Melalui program bantuan UPPO yang dibantu Made Urip itu juga telah memfasilitasi petani untuk bisa menggunakan pupuk organik secara optimal. Dengan UPPO, katanya, petani bisa memiliki fasilitas terpadu pengolahan bahan organik seperti jerami, sisa tanaman, limbah ternak dan sampah organik untuk diolah menjadi pupuk organik. “Berkat Pak Urip kita bisa mengoptimalkan pemanfaatan limbah kotoran sapi sebagai bahan baku kompos, dan menyediakan kebutuhan pupuk organik bagi para petani secara mandiri sekaligus meningkatkan populasi ternak sapi Bali serta membuka lapangan usaha di pedesaan,” bebernya.

Ket foto : Yayasan Yeshua Home International membuka “Dompet Peduli Bencana” bantuan untuk korban gempa Palu dan Donggala.

Bantuan UPPO ini juga diberikan untuk memperbaiki kesuburan lahan dan meningkatkan produktifitas petanian. Karena itu, pihaknya akan mengembangkan terus bantuan yang diberikan Made Urip. “Semoga bantuan yang diperjuangkan oleh Pak Urip ini bisa meningkatan produksi pertanian dan ternak anggota kami. Selain itu juga mampu meningkatkan kesejahteraan petani ternak, sekaligus membantu mempercepat program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah,” imbuhnya. aka/ama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *