Ribuan Krama Kuta Utara Kompak Gandeng Suryananda, Jadi Tokoh Muda Panutan Gerakan Pungut Sampah Plastik


Badung, JARRAKPOS.com – Ribuan krama dari empat banjar di Desa Canggu, Kuta Utara, Badung menggelar gerakan pungut sampah plastik, sekaligus penanaman ribuan bibit pohon, Minggu (10/2/2019) pagi. Kegiatan yang didukung penuh CSR (Corporate Social Responsibility) dari Canggu Avenue dan Rama Group ini, juga didukung dua bank sampah serta siswa dari dua sekolah dasar. Uniknya gerakan pungut sampah plastik ini, juga kompak mengandeng tokoh muda Canggu, I Made Suryananda Pramana, SE, yang tampak hadir berbaur dengan ribuan krama, saat kegiatan dengan jalan santai sambil memungut semua sampah plastik.

Eksekutif Operasional Manager Canggu Avenue, I Gede Pasek Wijaya selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan yang diawali dengan jalan santai sambil memungut sampah plastik dilakukan untuk mengingatkan warga Canggu dan para pelaku usaha bahwa masih ada sampah yang belum bisa dikelola masyarakat dengan optimal. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada figur muda asal Desa Canggu, Made Suryananda Pramana sebagai tokoh muda panutan yang terus aktif dalam berpartisipasi di berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan di Canggu, utamanya dalam aksi kebersihan lingkungan. “Pak Surya ini sangat memberikan inspirasi bagi generasi muda begitu juga bagi pelaku usaha. Sebagai pengusaha muda Pak Surya telah memberikan contoh sehingga akan berbuah kedepannya. Ini merupakan agenda kita yang berkelanjutan, bulan Desember kita bersih pantai Pak Suryananda hadir hari ini juga tampak hadir. Kedepan kegiatan seperti ini terus kita intensifkan dengan kegiatan lainnya,” jelas Pasek Wijaya.

Baca juga :

Kundapil Made Urip Serahkan Bantuan Pengering Gabah Senilai Rp.1,6 Milyar, Tuntaskan Usulan Aspirasi Petani dan Krama Subak Bengkel

Suryananda Pramana dalam kegiatan tersebut, juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pelaku usaha bersama masyarakat di Desa Canggu. Menurunya apa yang dilakukan selama ini secara konsisten untuk menjaga lingkungan merupakan program untuk generasi mendatang agar memahami betapa pentingnya kebersihan dan kelestarian lingkungan. Usai jalan santai dan membersihkan sampah plastik disepanjang tiga kilometer jalan yang melintasi empat banjar Suryananda bersama pelajar dan masyarakat melanjutkan kegiatan dengan menanam pohon cemara dan sawo kecik di areal Pura Dalem Dukuh Pipitan, Canggu. Kegiatan membersihkan sampah plastik dan gerakan go green bertajuk “Tress For Life” ini juga diharapkan kedepan semakin menggerakkan para pelaku pariwisata tidak terkecuali masyarakat khususnya generasi muda akan pentingnya peningkatan kesadaran dalam menjaga lingkungan. “Program ini harus diaplikasikan semua pihak utamanya generasi muda untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkuangan,” harap Caleg DPRD Badung Dapil Kuta Utara nomor urut 4 dari PDI Perjuangan itu.

Perbekel Desa Canggu, I Nengah Lana menjelaskan kegiatan ini diikuti masyarakat Banjar Uma Buluh, Banjar Kayu Tulang, Banjar Pipitan dan Banjar Padang Linjong. Melintasi jalan sepanjang tiga kilometer masyarakat berhasil mengumpulkan ratusan kilogram sampah plastik yang diserahkan kepada dua Bank Sampah Santhi Pertiwi Banjar Pipitan dan Bank Sampah Mesari Banjar Kayu Tulang. “Bersih-bersih lingkungan karena sampah dulu merupakan lawan, tapi sekarang dengan adanya kerjasama dengan bank sampah justru ini adalah rejeki. Lebih-lebih hampir semua desa sudah memiliki bank sampah sejak satu tahun terakhirbini, jelasnya. Hal senada juga disampaikan Bendesa Adat Canggu, I Nyoman Sujapa. Kegiatan jalan santai yang dikemas dengan memungut sampah plastik dan penanaman 1000 pohon cemara dan sawo kecik ini diikuti masyarakat dengan suka cita. Menurutnya kegiatan ini memiliki vibrasi yang besar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Para pelaku usaha dipastikan akan mendukung keberlanjutan kegiatan tersebut sehingga Desa Canggu menjadi bersih dan asri sebagai salah satu destinasi pariwisata utama di Kabupaten Badung. eja/ama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *