LPD Desa Adat Sibetan Serahkan Dana Pembangunan Rp 711


Karangasem, JARRAKPOS.com – LPD Desa Adat Sibetan tahun buku 2018 bertumbuh dangat baik dan berhasil.mencatatkam aset sebesar Rp 151 miliar. Sangat disyukuri pertumbuhan ini ditengah kondisi ekonomi yang masih staknan di tambah erupsi Gunung Agung yang masih berlangsung. Prestasi ini disampaikan pada acara laporan pertanggungjawaban (LPJ) tutup buku tahun 2018 dan HUY ke-28 LPD Desa Pakraman Sibetan yang dilakdanakan di Balai Desa Sibetan pada, Minggu (10/2/2019).

Diisi acara penarikan undian berhadiah utama 3 unit sepeda motor dan beberapa hadiah hiburan acara HUT dihadir Ketua Lembaga Pemberdayaan (LP)-LPD Provinsi Bali, perwakilan BKS-LPD Bali, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Karangasem , LPD se-Kabupaten Karangasem, mitra kerja LPD, unsur pemerintahan desa pakraman serta masyarakat Desa Pakraman Sibetan. Kepala LPD Desa Pakraman Sibetan Drs. I Made Mastiawan mengatakan, serangkaian HUT ke-28 beberapa kegiatan digelar sebelumnya berupa pembagian sembako kepada masyarakat yang sudah tidak mampu bekerja, lomba nyurat aksara Bali, mewarnai dan jalan santai yang dilakukan seminggu sebelumnya. “Berbagai kegiatan serangkaian kegiatan ini sudah kami selenggarakan dari beberapa bulan sebelumnya,” ungkap pria yang juga sebagai Kepala BKS-LPD Kabupaten Karangasem ini.

Baca juga :  Pajak BBNKB Menurun, UPT Samsat Jembrana Genjot Pendapatan PKB

LPD Desa Pakraman Sibetan melaporkan hasil kinerja tahun 2018 yang menyatakan pencapaian laba Rp 3,5 miliar, meningkat 9 persen dari tahun sebelumnya (2017) Rp 3,2 miliar. Dengan demikian dana pembangunan yang mampu diserahkan LPD kepada desa pakraman yang merupakan 20 persen dari laba yaitu Rp 711 juta. Capaian aset LPD Desa Pakraman Sibetan hingga akhir 2018 mencapai Rp151 miliar menjadi penilaiam LPD ini mampu tumbuh lebih baik daibandingkan tahun sebelumnya yang sempat terpengaruh dengan bencana Gunung Agung. Untuk dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp130 miliar, naik 14 persen dari tahun 2017 yang ada di angka Rp114 miliar. Sementara kredit disalurkan sebesar Rp 86 miliar meningkat 17,8 persen dari tahun 2017.

Dalam kesempatan ini Kelian Desa Adat Sibetan, I Wayan Subadra memberikan apresiasi kepada pengurus LPD Sibetan yang telah mampu mengembangkan LPD hingga seperti sekarang ini. “Di tahun ini LPD mampu memberikan kontribusi berupa dana pembangunan Rp 711 juta kepada desa adat. Tentunya ini sangat membantu aktivitas di desa adat,” ujarnya. Seraya mengatakan LPD Desa Pakraman Sibetan merupakan LPD terbaik nomor 1 dari 190 LPD yang ada di Karangasem. Dari segi penilaian kesehatan, LPD Desa Pakraman Sibetan juga termasuk katagori sehat. eja/ama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *