Belum Dilantik, Nyoman Kandel Langsung Turun Tuntaskan Persoalan SMP Negeri 3 Payangan


Payangan, JARRAKPOS.com – Calon Anggota DPRD Gianyar terpilih dapil Payangan dan Tegallalang nomor urut 8 dari PDI Perjuangan, I Nyoman Kandel, SH tidak menunggu dilantik langsung turun ke tengah masyarakat. Kali ini, Caleg pendatang baru asal Desa Buahan itu datang menyelesaikan aspirasi terkait keluhan semakin minimnya minat bersekolah ke SMP Negeri 3 Payangan di Banjar Selat, Desa Buahan Kaja, Gianyar, Minggu (12/5/2019). Karena itulah, komite sekolah dan calon Anggota DPRD terpilih berkoordinasi memfasilitasi pertemuan antara pengurus komite, pihak sekolah, pemerintah desa, serta tokoh masyarakat setempat dengan mengundang Kadis Pendidikan Gianyar yang berlangsung lancar.

.

Pertemuan itu, secara ringkas akhirnya menghasilkan keputusan penerimaan siswa baru tidak ada pungutan apapun, sementara untuk guru honor akan dijadikan Guru Tidak Tetap (GTT) dan pihak desa juga ikut ambil bagian dengan harapan bisa memberikan pelayanan tranportasi kendaraan untuk angkutan siswa. Seperti diungkapkan, Ketua Komite SMP Negeri 3 Payangan, I Wayan Darmawan, S.Pd didampingi Plt. Kepala SMP Negeri 3 Payangan Ni Luh Sritaman, SPd.MPd, mengakui komite sekolah mengadakan pertemuan dengan Kadis Pendidikan bersama KUPT Pendidikan Kecamatan Payangan dan kepala desa dan tokoh masyarakat Buahan Kaja dan Buahan Kelod untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 3 Payangan.

Baca juga : Paket “Jaya-Rahayu” Menguat di Pilkada Tabanan

Apalagi dari Perbekel Desa Buahan dan Desa Buahan Kaja menyatakan mendukung untuk meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 3 Payangan. “Sekolah ini didukung oleh lima SD di sekitarnya Buahan. Jadi kita berharap semua tamatnya bisa bersekolah di SMP Negeri 3 Payangan tanpa persoalan,” ujarnya, seraya dibenarkan Kadis Pendidikan Gianyar, I Wayan Sadra, SH.MH yang menyatakan seluruh tamatan SD di Desa Buahan Kaja dan Buahan Kelod sekitar 79 murid harus bersekolah di SMP Negeri 3 Payangan dan tidak ada yang keluar zonasi. “Karena semua sudah sepakat seperti itu untuk memajukan sekolah ini. Apalagi tahun ini sudah gratis. Jadi tidak ada alasan lain lagi untuk bersekolah di luar Desa Buahan,” katanya.

.

Kembali ditegaskan intinya komitmen masyarakat bersama dijembati calon Anggota DPRD Gianyar terpiih, komite dan pihak sekolah bersama pemerintah menutaskan kendalanya menurunnya minat siswa di SMP Negeri 3 Payangan. Untuk itu, seluruh tamatan dari lima sekolah dasar tersebut tidak ada alasan keluar dari zonasi kecuali mengikuti orang tua, karena penerimaan siswa baru sudah tidak dipungut biaya. Sementara soal tenaga pendidikan dan kekurangan guru akan memberdayakan dengan mengangkat GTT. “Tapi keputusannya itu masih ditangan bupati. Dan soal transportasi bisa melalui kontribusi kepala desa untuk angkutan siswa sekolah. Karena tanggungjawab pendidikan tidak saja pemerintah, namun juga komite dan pihak desa setempat. Kita sudah semaksimal mungkin menyediakan kebutuhan sekolah,” tambahnya.

Baca juga : Gung In Siap Kawal Pengembangan Pariwisata di Badung Utara

Di sisi lain, selaku calon wakil rakyat Gianyar dengan peraih suara tertinggi sekitar 10.800 suara lebih di Dapil Payangan dan Tegallalang, Nyoman Kandel mengakui tujuan rapat komite ini sangat positif, agar SMP Negeri 3 Payangan yang didukung oleh lima SD di Desa Buahan dan Buahan Kaja bisa lebih berprestasi ke depannya. “Harapan kita ingin bersama-sama memajukan pendidikan dengan meningkatkan mutu pendidikan dengan output yang lebih berkualitas. Karena itu semuanya wajib mendukung baik formal maupun non formal. Jangan saling menjatuhkan apalagi mempolitisir. Jika hadir Pak Kandel pasti ada solusi. Untuk itu mari kita saling mendukung,” jelasnya sekaligus menyebutkan pemerintah juga sudah mendukung, sehingga diberikan gedung sekolah yang megah.

.

Selain itu, fasilitas sekolah juga sangat memadai. Untuk itulah dari sisi non formal terutama orang tua murid juga harus mendukung pendidikan di SMP Negeri 3 Payangan. Apalagi biaya penerimaan siswa baru tahun ini ditiadakan. “Sekarang kan sudah gratis, jadi saya harapkan semua tamatan di lima SD di Desa Buahan bisa sekolah di SMP Negeri 3 Payangan,” tutupnya. aka/ama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *