DAERAH

Prihatin Terhadap Sektor UMKM, Akademisi Dan Praktisi Ini Luncurkan Ganesha Laboratorium Preneur

Tangerang Selatan, Jarrakpos.com – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ganesha Jakarta menyoroti keberadaan sektor UMKM di Indonesia. Usaha yang masuk kategori Usaha Kecil Mikro Menengah bagian dari wirausaha masyarakat kecil yang harus diperhatikan oleh semua stake holder. Guna menghadapi tantangan tersebut, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha Prof. Dr. Mohammad Said, MA meluncurkan unit lembaga Ganesha Laboratorium Entrepreneur.

Dalam keterangan tertulis, Ketua STIE Ganesha Jakarta Prof. Dr. Muhammad Said, MA, mengatakan hadirnya Ganesha LabPreneur (GLP) sebagai wujud perhatian akademisi dan praktisi untuk mejawab permasalahan diatas. GLP merupakan lembaga pembelajaran dan Inkubator Bisnis yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan Entrepreneur baru yang Kreatif, Inovatif, Mandiri dan Profesional.

Baca juga:  Pria yang Mau Patahkan Leher Bobby Nasution Ditangkap di Langsa

“ Wirausaha memegang peranan penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi nasional. Mulai dari menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan nasional, menciptakan nilai tambah barang dan jasa, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial, serta terciptanya masyarakat adil Makmur” Tutur Ketua STIE Ganesha Jakarta, Prof, Dr. Muhammad Said, MA

Ditempat terpisah, Ketua Ganesha LabPrenuer, Ekky Noviar, SE., MM, menjelaskan bahwa Ganesha LabPreneur ini diharapkan dapat mencetak mahasiswa/lulusanya dan masyarakat luas menjadi wirausahawan baru (Start Up Entrepreneur) yang kompeten dibidangnya, dan mampu menghasilkan dan mengembangkan SDM yang memiliki pengetahuan tinggi, percaya diri dan berjiwa wirausaha sejati, serta mewujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat.

Baca juga:  Kapolda Jateng Terjunkan Tim Untuk Slidiki Kebakaran 45 Kapal di Wijayapura Cilacap

“Ganesha LabPreneur memiliki target untuk menciptakan StartUp Entrepreneurs (UMKM) dari mahasiswa/lulusannya serta masyarakat luas untuk menjadi Wirausaha berbasis sector 17 Ekonomi Kreatif, dengan menyelenggarakan program, antara lain: menyelenggarakan Pendidikan, Pelatihan, Seminar, Workshop, Motivasi, dan Konsultasi Kewirausahaan yang diadakan secara terarah, terpadu, dan berkesinambungan, agar dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kemampuan dan kualitas diri, hingga menyelenggarakan program pendampingan UMKM” Jelas Ekky Noviar, Dosen Senior STIE Ganesha saat dihubungi via telepon (Kamis, 20/01/2022)

Menurut Ekky, kewirausahaan sangat penting dan perlu untuk ditumbuh-kembangkan pada mahasiswa di Perguruan Tinggi dan masyarakat pada umumnya. Hal ini dikarenakan tingkat pengangguran yang berasal dari lulusan Perguruan Tinggi masih sangat tinggi, sehingga menjadi bukti bahwa lapangan pekerjaan di Indonesia semakin sedikit. Apabila mahasiswa dan masyarakat mampu menjadi wirausaha, maka lapangan pekerjaan pun akan semakin meningkat dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan semakin maju.

Baca juga:  Bupati Andi Serahkan Bantuan TIK ANBK ke 112 Sekolah Dasar

Banner Iklan Sariksa

Ekky menambahkan saat ini sedang tahapan penguatan struktur pengurus dan kelembagaan. Formasi kepengurusan Ganesha LabPreneur berasal dari unsur dosen, alumni, dan mahasiswa baik S1 dan S2 yang memiliki pengetahuan, kemampuan, pengalaman di bidang kewirausahaan dan sebagai praktisi bisnis. Ganesha LabPreneur akan dan siap bekerjasama dengan Pemerintah, Swasta, Perbankan dan Lembaga lain yang terkait untuk bersinergi melakukan pertumbuhan dan pengembangan StartUp Entrepreneur.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button