NASIONAL

Bangkitkan Ekonomi Bali, Tokoh Berkiprah Nasional AMD-HBS Hadiri SILABIS Nasional ISMI


Badung, JARRAKPOS.com – Dua tokoh Bali yang aktif berkiprah nasional, Agung Manik Danendra (AMD) bersama Senator Bali Haji Bambang Santoso (HBS) menghadiri Silaturahmi Bisnis (SILABIS) Nasional ke-11 ISMI (Ikatan Saudagar Muslim Indonesia) resmi dibuka, di Nusa Dua Ballroom Melia Bali Indonesia Hotel, Jumat (20/11/2020) malam. ISMI dengan Ketua Umumnya Dr. Ilham Habibi putra Sulung Presiden RI ke 3 ini menggelar Silabis 11 di Bali. Silaturahmi yang dihadiri tokoh-tokoh muslim se-Indonesia, Pengusaha-pengusaha Daerah, Nasional, Majelis Ulama Indonesia dibuka Wakil Presiden RI diwakili Staf Khusus Arif Rahman. Dihadiri dari Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) diwakili oleh Dirjen Renhan Mayjen TNI Budi Prijono dan Gubernur Bali I Wayan Koster diwakili oleh Asisten Perekonomian Pembangunan Ibu Wiratmi. SILABIS yang menjadi agenda rutin dari ISMI pada tahun ini diadakan di Bali 20-22 november 2020.

Pada kesempatan itu, Ketua ISMI Provinsi Bali H. Masrur Makmur menyampaikan kehadiran Saudagar Muslim se Indonesia di Bali ini akan menjadi stimulan bagi perekonomian domestik Bali di Era Baru dan dapat menarik para Saudagar berinvestasi di Bali. Selain itu diharapkan momen SILABIS ini menjadi ajang sharing ekonomi kreatif diantara para anggota. “Terpenting kegiatan ini dapat pula menarik para saudagar muslim untuk berinvestasi di Ball,” tutur H. Masrur Makmur. Tokoh Muslim ini juga mengapresiasi atas Kehadiran Tokoh Populis idola Milenial AMD Agung Manik Danendra yang bernama lengkap Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra S.H.M.H.,M.Kn., dan Tokoh Lintas Agama Senator Haji Bambang Santoso HBS yang menghadiri SILABIS 11 ISMI atas undangan Resmi Panitia.

Insert foto: Agung Manik Danendra AMD (kiri) bersama Senator Bali Haji Bambang Santoso HBS (kanan) saat menhadiri SILABIS 11 ISMI di Melia Bali, Jumat (20/11/2020) malam. AMD-HBS dua tokoh Nasional bersinergi tumbuhkan Perekonomian Bali.

Hal senada disampaikan Samsul B Ibrahim sebagai Ketua Panitia SILABIS 11 yang juga menjabat Wakil SEKJEN ISMI bidang EKAPALIH (Ekonomi Pariwisata dan Lingkungan Hidup). ISMI turut serta membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional khususnya pariwisata Bali melalui SILABIS atau Silaturahmi Bisnis ke-11 ini. “Sudah waktunya kita semua berpikir bagaimana Bali dapat segera bangkit dari keterpurukan, roda perekonomian masyarakat kembali berputar dan pariwisata Bali kembali dapat berkontribusi bagi penerimaan devisa negara,” ujarnya. Ditambahkan pula bergeraknya pariwisata Bali akan menjadi lokomotif untuk daerah pariwisata lain di Indonesia.

Samsul B Ibrahim yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Nahdiyin (HPN) DKI Jakarta menambahkan SILABIS 11 di Bali kali ini berlangsung selama 3 hari, sekitar 250 peserta yang terdiri dari 25 korwil ISMI yang tersebar di Indonesia akan turut merasakan kesiapan pariwisata Bali dalam menyambut wisatawan dengan konsep new normal yang menerapkan protocol kesehatan. Di sisi lain AMD yang dikenal sebagai Tokoh Milenial yang tidak henti-hentinya berbuat sosial mendorong pertumbuhan ekonomi Bali yg terpuruk di Era Baru. AMD tokoh Bali yang mendukung UMKM agar terus bergerak bertumbuh guna peningkatan ekonomi agar tidak stag atau menurun, maka gagasan gagasan spektakuler AMD perlu didukung oleh semua stakeholder di Bali. AMD-HBS ini adalah tokoh yang peduli sosial dan perekonomian Bali yang sekarang lagi terpuruk. Sinergi dua tokoh populis merakyat ini niscaya mampu mengedepankan Bali keluar dari Resesi Ekonomi.

²²Insert foto: AMD (udeng putih) duduk diapit Ketua MUI Bali dan Waketum dan sekjen ISMI Pusat, serta Ketua ISMI Bali.

Sementara itu sebelum acara puncak pembukaan SILABIS 11 dimulai saat ramah tamah di meetroom Melia Bali, CEO AMD.Express Junk Kresna (JK) sempat memaparkan produk AMD.Express bagian dari program AMDBali besutan AMD.Camp sebagai wadah menggerakkan UMKM Daerah agar bisa bertumbuh dengan cepat perekonomian khususnya Bali. Aplikasi Smart yang berbasis Komunitas ini bisa memberi Solusi pergerakan pertumbuhan ekonomi Bali menuju pemulihan. JK memaparkan AMD.Express, Cara Cepat Membangun ekosistem ekonomi UMKM. AMD.Express membangun infrastruktur penunjang dalam proses digitalisasi sebagai penghubung untuk membangun ekosistem yang mendukung UMKM. “Namun dalam hal ini UMKM yang kami usung adalah Usaha Milik Kaum Milenial, dan terkait untuk UMKM dalam bentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” ungkap JK.

JK sebagai Milenial melihat bahwa dimasa era baru ini, UMKM ini terbukti membawa pengaruh yang cukup baik bagi perekonomian di Bali. Namun, ternyata masih banyak para UMKM Milenial terkendala pada strategi pemasaran, hingga akses teknologi digital, dan terbukti bahwa akses permodalan di UMKM Milenial ini termasuk dalam kisaran terjangkau, namun seringkali akses digital membuat usaha mereka berjalan stagnan dan tidak mengalami kemajuan yang signifikan. JK menjelaskan struktur bangunan dasar yang diperlukan untuk membangun sistem ekonomi dan merupakan dasar dibangunnya AMD.Express ini sembari meningkatkan bahwa UMKM dapat dibentuk sebagai ekosistem ekonomi yang sehat dan dapat bertumbuh sejalan dengan pertumbuhan komunitas dan dapat saling terkait satu sama lain atas asas mutualisme. JK juga menjelaskan bahwa UMKM sesungguhnya merupakan ekosistem yang sehat.

Insert foto: AMD udeng putih didampingi JK CEO AMD.Express bersama Senator Bali HBS pake peci dan Stafsus Wapres Arif Rahman mengunjungi kerajinan UMKM.

“Bahkan tanpa pertimbangan yang njelimet, pokoknya ada ide, ada barang, ada distribusi dan ada pembeli, langsung jalan,” paparnya menegaskan bahwa AMD.Express ini tetap bertumbuh dan dapat membentuk bisnis model baru yang berarti pula ruang kreatif penemuan peluang baru lebih luas. Di kesempatan yang sama secara terpisah AMD menyampaikan SILABIS ISMI ini bisa menjadikan Pariwisata Bali bertumbuh, betapa tidak 300-san lebih peserta seluruh Indonesia datang ke Bali selama beberapa hari. Anggap saja para Saudagar ini minimal belanja Rp 10 juta berarti sudah ada uang berputar di Bali hampir Rp 3 miliar. Ini belum termasuk hitung-hitungan akomodasi yang dikeluarkan, secara ekonomi sudah ada pertumbuhan pergerakannya. “Kalau hal-hal semacam ini sering ada di Bali ditambah peningkatan pertumbuham UMKM-nya perlahan Bali akan pulih dari keterpurukan,” jelas AMD singkat, tokoh milenial Bali yang pernah sukses memimpin Koperasi Kampus ini.

AMD sebagai Founder AMD.Camp juga menjelaskan program AMD.Camp dengan AMDBali yang telah mengeluarkan produk smart aplikasi AMD.Express adalah digitalisasi UMKM ekosistem berbasis komunitas ini agar terus bertumbuh, yang saling terhubung dan selanjutnya menjadi satu kesatuan. Dibangun berdasarkan konsep ekosistem konvensional dalam bentuk digital, AMD.Express menjembatani konvensional ekosistem ekonomi UMKM ke era baru digital. “Jadi ide dasar dari AMD.Express ini adalah untuk menjembatani UMKM khususnya Usaha Milik Kaum Millenial dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang ada di lingkungan sekitar untuk dapat bertumbuh dengan memperkenalkan keberadaannya pada ekosistem terdekat lainnya secara digital,” papar AMD. Secara konsep, hal ini dapat dilakukan dengan mudah karena masyarakat sudah mulai terbiasa dengan proses transaksi secara online sebagai hasil dari berkembangnya start-up di Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya.

1bl#bn-8/11/2020

“Aplikasi AMD.Express dibangun dengan flow process yang sudah dikenal jadi sebetulnya stake holder dalam ekosistem konvensional dapat dengan mudah menggunakannya,” tegas AMD saat dihubungi team Jurnalis. Ekosistem kunci dalam aplikasi AMD.Express adalah User, Merchant dan Delivery Service, istilah kita adalah LayanAntar, jadi sederhana dan proses digitalisasinya pun saling terkait dan sudah umum yang dalam dunia digital dikenal dengan istilah user friendly. Untuk User, yang dapat Di download di Play Store melalui link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sekitar.customer. Pengguna dapat melakukan aktivasi account dengan memasukkan data pribadi sederhana, seperti Nama Dan Nomor HP untuk selanjutnya dapat menjelajahi dan melakukan browsing produk UMKM yang disediakan oleh para merchant, melakukan pemesanan dan transaksi secara online, dan selanjutnya dapat menggunakan fitur layanan yang disediakan oleh LayanAntar. Interaksi antar ekosistem inilah yang diharapkan dapat bertumbuh.

Bagaimana dengan para merchant? Para merchant adalah para Penyedia Produk yang pada tahap awal sasaran kami adalah para UMKM untuk dapat meningkatkan Daya Saing dan Penetrasi Pasar agar produknya lebih dikenal dan dapat di transaksikan secara online. “Platform ini dapat menjadi sarana promosi gratis bagi para UMKM,” tandas AMD menegaskan agar para UMKM dapat memanfaatkan peluang ini dengan baik seraya menambahkan bahwa Aplikasi untuk Merchant atau Penyedia Produk UMKM telah tersedia Di PlayStore dan dapat di download melalui link:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sekitar.merchant. Prosesnya sama seperti kita me download aplikasi populer lainnya, setelah download, silahkan daftarkan UMKM Anda. Selanjutnya menunggu konfirmasi dari Team AMD.Express karena harus melalui proses verifikasi untuk memastikan bahwa produk yang disediakan adalah produk yang benar, dapat dipertanggung jawabkan dan tidak melanggar hukum, bahwa diperlukan dukungan semua pihak agar ekosistem tersebut dapat terbangun dengan baik dan dapat diterima sebagai ekosistem ekonomi yang sehat.

1bl#ik-4/11/2020

Sebetulnya interaksi inilah yang menggerakkan ekosistem ekonomi, ini adalah ekosistem kunci dalam transaksi ekonomi, ada pembeli dan penjual. AMD memperjelas jadi untuk selanjutnya tinggal bagaimana proses tersebut dapat terjadi. Diperlukan Moda layanan jasa bila diperlukan sebagai pelengkap yang kami sebut sebagai Fitur LayanAntar, yaitu fitur yang mengintegrasikan antar ekosistem tersebut sebagai layanan on-demand. Konsep mengenai LayanAntar yang telah tersedia di PlayStore yang merupakan layanan on-demand dengan fitur Kurir. dapat diunduh melalui link:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sekitar.driver. Setelah proses pendaftaran, selanjutnya Team AMD.Express akan melakukan verifikasi terkait data yang diberikan oleh calon Penyedia Jasa LayanAntar untuk memastikan bahwa calon Penyedia Jasa dalam keadaan sehat dan Laik Jalan, selanjutnya proses konfirmasi dilakukan secara digital.

“Satu lagi fitur yang merupakan unggulan dari AMD Express adalah fitur Mobile Kiosk yang dibangun untuk membuka peluang para Pedagang bermobil lebih fleksibel karena memiliki fitur ubah lokasi,” tegas AMD menutup penjelasannya mengenai AMD.Express sebagai Digital Transformer Ecosystem Platform. “Be Coming Soon Digital Card AMD for Us, on legality proses dari Kementerian yang berwenang,” tutupnya. ana/jmg/ksm


Berita Terkait

Close