DAERAH

Kapolrestabes Medan Dicopot

Medan – Kapolrestabes Medan, Kombes Riko Sunarko dicopot dari jabatannya. Sebagai pengganti Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak menunjuk Irwasda, Kombes Pol Armia Fahmi. Pencopotan ini diduga kuat karena Kombes Pol Riko Sunarko terlibat suap dari bandar narkoha.

“Mulai malam ini Kombes Riko yang tadinya menjabat sebagai Kapolrestabes Medan saya tarik untuk sementara waktu menjalani pemeriksaan di Propam Polda Sumut,” kata Panca didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Jumat (21/1/2022) malam.

Baca juga:  Kunjungi Pos Pelayanan di Candi Borobudur, Asisten SDM Kapolri Berikan Pesan Moral

Menurutnya, ditariknya sementara waktu Kombes Riko Sunarko dari jabatan Kapolrestabes Medan untuk menjalani pemeriksaan dalam kasus dugaan suap.

“Untuk penggantinya, Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Armia Fahmi akan menjabat sebagai pelaksana harian Kapolrestabes Medan,” jelas Panca Simanjuntak.

Diketahui, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Medan, terungkap pejabat kepolisian di Polrestabes Medan menerima uang suap sebesar Rp300 juta dari istri seorang bandar narkoba.
Uang itu diduga dibagi-bagi ke Kasatresnarkoba Polrestabes Medan sebesar Rp150 juta, hingga Kanit Idik Narkoba Rp40 juta. Bahkan nama Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko, juga terseret dalam persidangan.

Baca juga:  Oknum Advokat Mengaku Ketua Badan Advokasi Indonesia ( BAI ) DKI Jakarta di Tangkap Polisi Terlibat Kasus Penipuan Dan Penggelapan

Kombes Riko disebut turut menggunakan uang sisa suap sebesar Rp75 juta untuk membeli hadiah sepeda motor kepada seorang Babinsa TNI. (Red/*)


Banner Iklan Sariksa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button