POLITIK

Made Urip Berbagi, Kucurkan 1.100 Paket Sembako, Bantu Buruh Tani dan Krama Subak Dihantam Corona


Denpasar, JARRAKPOS.com – Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., kembali mengucurkan bantuan sosial kemanusiaan bagi warga terdampak bencana wabah Covid-19 atau virus Corona. Kali ini, anggota parlemen terpilih lima periode yang dijuluki petani dan krama subak sebagai Wakil Rakyat Sejuta Traktor itu, membagikan secara simbolis 1.100 paket bantuan sembako yang diperjuangkan melalui koordinasi dengan jajaran Kementerian Pertanian di Provinsi Bali, yaitu Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali, Balai Verteriner Denpasar, dan Balai Karantina Denpasar yang bertugas menyiapkan dan mengalokasikan total bantuan 2.394 paket pangan, berupa sembako untuk Bali. Bantuan diserahkan Made Urip secara simbolis bersama Kepala BPPT Bali, I Made Rai Yasa disaksikan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tabanan, I Made Muskadana dan Ketut Arsana Yasa alias Sadham bersama instansi terkait lainnya dan para perwakilan penerima bantuan di Denpasar, Jumat (22/5/2020).

1bl-ik#21/5/2020

Penyerahan bantuan tersebut, tetap melaksanakan dan mengikuti protokol pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 sesuai dengan arahan pemerintah pusat dan daerah. Pada kesempatan itu, Kepala BPPT Bali, I Made Rai Yasa mengakui harus segera mengirim bantuan sembako ke rumah aspirasi yang diperjuangkan Made Urip. Paket bantuuan pangan yang dibagikan berupa pangan segar dan olahan produksi lokal Bali. Isi untuk 1 paket bantuan pangan terdiri dari beras premium 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg, bawang merah ½ kg, bawang putih ½ kg dan susu serta olahan daging ayam berupa kornet. Pembagian paket bantuan pangan yang difasilitasi salah satunya oleh Anggota Komisi IV DPR RI ini, dari Kementerian Pertanian RI yang dilaksanakan serentak di 21 provinsi seluruh Indonesia. “Bantuan yang dibagikan ke rumah aspirasi Pak Made Urip akan diserahkan kepada para petani dan penggarap atau warga lainnya yang terdampak Corona. Kita menyerahkan bingkisan yang disasar tersebut, sebagai perjuangan Pak Urip yang ingin membantu petani di Bali yang terdampak Covid-19,” katanya.

Baca juga:  Ingin Duduki Kantor KPU, Sekretaris Umum MUI Badung Tolak Aksi People Power
1th-Ik#29/4/2020

Kementerian Pertanian dengan instansi terkait telah menganggarkan bantuan tersebut, sesuai dengan arahan Made Urip untuk tahap pertama diserahkan berupa paket sembako untuk memperkuat daya tahan tubuh dan isinya semua komuditas hasil pertanian di Bali. “Jadi ini dari petani untuk petani,” imbuhnya. Sementara itu, Made Urip menyebutkan kerjasama dan kolaborasi Kementerian Pertanian ini dalam bentuk sembako kepada petani dan krama subak, khususnya buruh tani dan petani gurem yang dihatam oleh imbas wabah Corona. “Apalagi saat menghadapi kondisi sangat luar biasa dampaknya dan menghancurkan semua sendi kehidupan di seluruh Indonesia, bahkan di dunia. Karena tidak ada satu negara pun yang kebal terhadap Corona, seperti Amerika yang paling parah di dunia. Termasuk kita juga terpukul di sektor pariwisata dengan okupansinya zero atau nol persen,” papar Ketua DPP PDI Perjuangan yang akrab disapa ‘Mu’ ini, seraya mengucapkan terimakasih kepada BPPT Bali yang telah membantu ribuan paket sembako yang akan disalurkan ke empat kabupaten, yakni Badung, Tabanan, Gianyar dan Bangli dengan para penerima yang diberikan harus tepat sasaran. “Kita berterimakasih kepada seluruh UPT dan kementerian yang memiliki rasa kepedulian yang sangat luar biasa untuk membantu petani kita di seluruh Bali, meskipun masih ada sedikit kendala pengemasan,” tandasnya.

Baca juga:  “Gong Xi Fa Cai”, Agung Manik Danendra AMD Berbaur Masyarakat Tionghoa
1bl-ik#15/5/2020

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI itu, juga bersyukur berkat solidaritas dan gotong royong bersama melalui arahan Gubernur Bali beserta Bupati dan Walikota se-Bali, sehingga tingkat kematian akibat virus Corona sangat rendah, dan langsung mendapat apresiasi Presiden Joko Widodo. “Kita bersyukur di Bali tingkat kematian paling kecil. Mungkin karena faktor makanan, sehingga nyaris tak ada yang meninggal. Atau mungkin karena pakai base genep (bumbu rempah-rempah lengkap, red) atau base gedenya itu yang nanti patut diteliti,” tutupnya. Selaku petugas partai, Made Muskadana mengucapkan terimakasih atas perhatian Made Urip sebagai salah satu kader PDIP terbaik di Bali yang terus melakukan terobosan di saat situasi penanganan Covid-19. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pertanian melalui BPPT Bali yang turun menyalurkan sembako yang diperjuangkan Made Urip, sehingga sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat terbawah. “Hari ini kita sudah lagi buktikan, sehingga tidak sia-sia telah mempercayakan Pak Made Urip sudah lima periode, dengan terobosan gaya khusus terus turun ke masyarakat, sehingga menjadi teladan kader di Kabupaten Tabanan. Jadi masyarakat bisa melihat kinerja para wakilnya di tingkat pusat, sekaligus berterimakasi kepada seluruh jajaran yang diajak menyalurkan sembako,” paparnya.

Baca juga:  Semeton Jokowi Siap Menangkan Koster-Ace
1th-bn#1/2/2020

Dikatakan, sesuai intruksi Made Urip, rencananya bantuan sembako ini akan diberikan kepada masyarakat dan petani yang betul-betul merasakan dampak bencana wabah Covid-19. “Inilah sasaran kami dengan bekerjasama jajaran partai dan tokoh masyarakat untuk membantu warga yang patut diberikan,” jelasnya. Di sisi lain, salah satu penerima bantuan, I Nyoman Ketut Sukajiwa mengucapkan terimakasih kepada Made Urip yang telah memperjuangkan habis-habisan bantuan sosial bagi para buruh tani dan krama subak. “Kita sangat berterimakasih atas bantuan Pak Urip. Bantuan sembako ini diharapkan bisa terus diberikan untuk meringankan beban masyarakat kecil di bawah,” ujarnya. tim/aka/ama

Berita Terkait

Close