OLAHRAGA

Kejatisu Didesak Usut Dana Hibah KONI Sumut

Medan – jarrakpos – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Team Operasional Penyelamatan Asset Negara Republik Indonesia (TOPAN-RI) Sumatera Utara melayangkan surat aduan kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) untuk memeriksa masalah dana hibah kepada KONI Sumut yang dinilai tidak jelas peruntukannya.

Berdasarkan NPHD Nomor 900 /140/DISPORA SU/2019 dan 229 KONI-SU/III/2019, KONI Sumut mendapatkan dana hibah sebesar Rp 50 miliar. Namun dari jumlah itu, BPK RI menemukan pemanfaatan anggaran senilai Rp 979.459.000 yang diduga tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh KONI Sumut.

Baca juga:  Direktur Hukum PSMS Bambang Abimayu SH Patut Menduga Kodrat Shah Gagal Paham Soal Sahamnya di Manajemen PSMS

Ketua LSM DPW TOPAN-RI Sumut, Ir. Roy Nainggolan, menduga adanya tindak pidana korupsi yang selama ini terjadi secara meluas di tubuh KONI Sumut.

Selain persoalan dana hibah kepada KONI Sumut yang diduga tidak dapat dipertanggungjawabkan, Roy juga mengungkapkan adanya tender senilai Rp2,4 miliar untuk pemusatan latihan di Asrama Haji. Namun tender itu dilakukan secara tertutup sehingga diduga adanya penyelewengan dalam tender tersebut.

Lebih jauh Roy juga menuntut komitmen Gubsu Edy Rahmayadi, yang akan mengevaluasi KONI Sumut terkait anjloknya prestasi kontingen Sumut di PON XX tahun 2021 di PAPUA.

Baca juga:  16 Pengkab/Pengkot Pertina Se Sumut Daftar Gugatan ke BAORI

“Kita menuntut komitmen Gubernur Sumut untuk mengevaluasi KONI Sumut. Semua pengurus harus dievaluasi, termasuk ketuanya,” tegas Roy yang merupakan aktivitas olahraga Sumut ini.


Banner Iklan Sariksa

Sebelumnya Edy Rahmayadi akan mengevaluasi kinerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut setelah kontingen Sumut hanya mampu bertengger di peringkat 13 PON XX tahun 2021 di Papua atau berada di bawah kontingen Riau, Lampung dan Aceh.

Terpisah, Kasi Penkum Kejati Sumut, Yos A Tarigan saat dikonfirmasi terkait adanya surat aduan perihal tersebut mengaku belum mengetahuinya. “Nanti kita cek,” katanya singkat.

Baca juga:  Putu Gede Resmi Bidani 'Ayam Kinantan"

Sementara Ketua Umum KONI Sumut Jon Ismadi Lubis tak begitu respon . ” Biarinlah”, katanya dalam pesan wasthap. Rrd

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button