DAERAH

Pastikan Lulusan Diserap Dunia Kerja, PNB Bali Sinergi Alumni Bangun Kemitraan


Denpasar, JARRAKPOS.com – Direktur Politeknik Negeri (PNB) Bali I Nyoman Abdi membuka Workshop dan Open House Mitra Kerja dan Alumni yang menghadirkan narasumber yakni Ketua Ikatan Alumni PNB Bali yang juga Praktisi Pariwisata Mendra Astawa, Owner Prada Group yang juga Ketua KADIN Denpasar Putu Arnawa, General Manager Bali Tropic Resort & Spa I Wayan Suambara, Direktur Bimasena Agung Made Herry Erika, Owner Tako Casa Mexico Restaurant I Ketut Dana Purna Wiranta, Owner Resto Komang Adi Dana, Luh Gede Mahayuni (Pajak), dan Astika Parwata (Managemen Hotel).

1bl#-ik-26/11/2020

PNB Bali bersinergi dengan alumni membangun kemitraan, karena mereka telah memegang posisi penting baik dalam eksekutif, legislatif, dunia industri maupun menjadi pengusaha. Selain itu, inginĀ  memperkuat kemitraan dunia industri dengan para alumni untuk menjadikan kampus vokasi yang paling unggul. “Untuk memastikan setiap lulusan dengan alumni sekitar 23.000 orang terserap dalam dunia kerja, ” kata Abdi di Denpasar, Jumat (27/11/2020). “Alumni merupakan aset terbesar dan paling penting karena banyak netwoking (jaringan),” imbuhnya.

Baca juga:  Ny Putri Koster: Jangan Jadi Generasi yang Hilangkan Warisan Leluhur

Untuk itu, peran alumni begitu besar dalam mewujudkan kampus yang lebih baik, PNB tidak hanya mengemban misi pendidikan, tetapi juga menerapkan Penelitian dan Tugas layanan sosial (pengabdian pada masyarakat), dengan memanfaatkan SDM yang ada. Khususnya PNB adalah penyelenggara pendidikan tinggi vokasi yang berfokus pada pengembangan keilmuan dan keterampilan pada bidang IPTEKS terapan. Sasaran pendidikan diarahkan pada pembangunan insan cerdas komprehensif dengan mengutamakan pada pembangunan sumberdaya manusia yang profesional, dengan memberikan pendidikan berdasarkan kebutuhan pasar dan industri.

Baca juga:  Peringati Hari Ibu, TP. PKK Gianyar Gelar Rapid Test Gratis Bagi Kaum Perempuan
12bl#ik-1/11/2020

Pengembangan jurusan terus dilakukan, hampir semua jurusan telah memiliki program Diploma 4 (setara Sarjana 1 Terapan) selanjutnya berupaya membuka S2 Terapan yang kini baru Jurusan Kepariwisataan. Ia mengharapkan, alumni tetap melanjutkan S2 Terapan memilih PNB agar profesional lebih meningkat. Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni PNB Bali Mendra Astawa menambahkan pihaknya memang serius ikut berkontribusi membangun kampus sejak 2004 dibentuk. Keseriusan itu diawali dengan membentuk Yayasan Alumni PNB dengan visi Menjadi wadah alumni PNB yang memiliki kompetensi dan mampu berpartisipasi aktif kepada ikatan alumni, PNB dan masyarakat.

Upaya itu dalam mendukung terwujudnya Indonesia Maju yang sudah memasuki usia 75 tahun dalam menghadapi persaingan global. “Memang kampus butuh alumni, sedangkan alumni tak boleh melupakan kampus sebagai tempat menempuh pengetahuan, ” ujar Mendra. Para alumni yang memiliki usaha agar ikut menyediakan magang maupun mau berbagi pengetahuan kepada para mahasiswa. Selama ini, pihaknya telah berupaya melakukan beragam program mulai dari festival, reuni, job fair termasuk aksi sosial untuk erupsi Gunung Agung, Gempa Lombok dan Poso. Maka dari itu, pihaknya tetap berusaha terus meningkatkan kontribusi dalam dunia pendidikan seiring semakin berpengaruhnya alumni PNB dalam masyarakat.

Baca juga:  Mulai Sejak Bupati Adi Wiryatama, KinI KAGAMA Bali Kembali Tanam Hutan Bambu di Tabanan
1bl#ik-4/11/2020

Saat ini, Alumni PNB sudah berhasil menjadi Wakil dan Calon Bupati Bangli, Legislatif daerah Jawa, Maluku dan Bali. Serta yang lainnya dominan bergerak bidang pariwisata menjadi GM Hotel Bintang 3 sampai 5. aya/jmg


Berita Terkait

Close