Made Urip Gemakan 4 Pilar Kebangsaan di Wangaya Gede, Tanamkan Nilai-nilai Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


Penebel, JARRAKPOS.com – Anggota Badan Anggaran (Bangar) MPR RI, Drs. I Made Urip, M.Si kembali menggemakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dipusatkan di Bale Dusun Wangaya Bendul, Desa Wangaya Gede, Penebel, Tabanan, Selasa (27/8/2019) malam. Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan itu, turun langsung menanamkan nilai-nilai kebangsaan itu bersama Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tabanan, Ni Made Dewi Trisnayanti, SH. Kedatangan Made Urip yang kembali tiga periode sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan di bidang pertanian dan lingkungan hidup ini, disambut hangat bendesa beserta kelian adat dan dinas yang dihadiri ratusan krama Banjar Adat Pengempon Pura Luhur Batukaru dan ibu-ibu PKK bersama sejumlah pengurus STT setempat serta para mahasiswa KKN dari IHDN dan UNHI Denpasar.

Bn-24/8/2019p

Pada kesempatan itu, Kelian Adat Banjar Bendul, I Nyoman Sugiarta serta Bendesa Pengempon Batukaru, I Ketut Sucipto menyambut baik kedatangan Made Urip yang datang langsung ke pelosok desa. “Kita merasa bahagia ada sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang menghadirkan langsung Bapak Made Urip,” ujarnya Bendesa Sugiarta, seraya mengatakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar Made Urip yang kembali terpilih lima periode sebagai Anggota DPR RI yang menjadi wakil rakyat yang selalu berjuang dan memperhatikan warga Desa Wangaya Gede. “Pak Urip dan Bu Made sudah terbukti bisa terus mengawal aspirasi warga dan agar terus dibantu nantinya. Ini permintaan kita kepada Pak Made Urip bersama Bu Made yang datang kesini, sekaligus memberikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang sangat kita butuhkan selama ini,” imbuhnya.

Baca juga : Made Urip Bombardir Bantuan Alsitan Rp1,035 Miliar di Jembrana

Sementara itu, salah satu Mahasiswa UNHI, Gede Putra Wiranata menyebutkan, sosialiasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar Made Urip ini sangat tepat bagi generasi muda, sehingga sangat penting terus digalakan untuk generasi penerus bangsa. “Sangat bagus Pak Urip terus menggencarkan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, bahkan sampai turun ke pelosok desa,” bebernya sekaligus ditambahkan Ketua STT Banjar Penganggahan, I Kadek Agus Teguh Wahyudi juga mengakui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan sangat penting bagi masyarakat, khususnya para generasi milenial. Sosialisasi seperti ini menambah pengetahuan nilai-nilai kebangsaaan bagi generasi muda di masa depan. “Setelah sosialisasi 4 Pilar ini kita lebih mengerti. Kita berharap Pak Urip dan Bu Made bisa terus melanjutkan sosialisasi seperti ini,” paparnya.

3Bl#Bn-21/8/2019

Di sisi lain, Ni Made Dewi Trisnayanti mengakui selaku wakil rakyat yang baru dilantik menjadi Anggota DPRD Tabanan mengungkapkan sosialisasi ini sebagai ucapan terimakasih karena telah diberi dukungan saat Pileg 2019 bersama Made Urip. “Ini berkat dukungan krama Desa Wangaya Gede termasuk Tengkudak, sehingga jika ada program pembangunan ke depan agar dikomunikasikan. Sekarang disini sudah memiliki wakil rakyat untuk bersama menyelesaikan program yang diusulkan dan saya akan berjuang sekuat tenaga untuk membantu aspirasi masyarakat,” katanya. Made Urip menegaskan kehadirannya untuk menjalankan tugas konsitusional sebagai salah satunya tugas Anggota MPR RI untuk mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan sampai ke pelosok desa dan bahkan ke luar negeri, seperti di Hongkong, Malaysia hingga Eropa dan Amerika agar bisa terus memahami nilai-nilai kebangsaan.

Baca juga : Wakil Rakyat “Sejuta Traktor” Kembali Gelontorkan Bantuan Alsintan Senilai Rp700 Juta, Rangsang Generasi Muda Geluti Sektor Pertanian

Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan juga terus menyasar generasi muda sesuai amanat lembaga MPR RI yang digagas oleh mantan Ketua MPR, Taufik Kiemas, akibat munculnya radikalisme dan terorisme dan intelolerasi, sehingga perlu diperkuat dengan pemamhaman 4 Pilar Kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat. “Tantangan kita juga menghadapi kehebatan Medsos yang bisa mengadu domba dan menggoyahkan persatuan bangsa, sehingga perlu penjabaran 4 Pilar Kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, yakni Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD 1945 sebagai landasan konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Inilah yang menjadi pegangan kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” papar anggota DPR RI yang dijuluki petani sebagai wakil rakyat sejuta traktor itu.

1Bl#Bn-20/8/2019

Karena itulah, dikatakan pentingnya memahami 4 Pilar Kebangsaan, terutama bagi generasi muda sebagai penerus masa depan bangsa. “Kita berharap adik-adik mahasiswa dan ibu-ibu meskipun di desa harus tahu dan paham mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan. Harus kita cintai Pancasila, harus kita amalkan UUD 1945, harus kita jaga NKRI ini dan kita harus bersama-sama dan bersatu meskipun berbeda-beda,” tutupnya. Saat sosialisasi yang menghadirkan dua narasumber dari kader lumutan PDI Perjuangan, Wayan Dika Sumantra dan Wayan Gunadi itu, Made Urip juga sempat mengucapkan terimakasih atas dukungan krama desa, sehingga bisa kembali terpilih sebagai Anggota DPR RI, termasuk memenangkan Jokowi dua periode dan Ni Made Dewi terpilih sebagai Anggota DPRD Tabanan. tim/ama