HUKUM DAN KRIMINAL

LSM BAN : Laporkan Mafia Tanah KotaTasikmalaya KE KEJAKGUNG

BANDUNG, Jarrakpos.com-Dalam kesempatan acara ngopi sore bersama awak media di Bandung, 28/12/2021 Ketua Umum Baladhika Adhyaksa Nusantara Yunan Buwana. SE menyampaikan, telah melaporkan kasus dugaan penyerobotan tanah oleh oknum pengusaha di kota Tasikmalaya berinisial H yg dikenal dengan PT. TMKT.

Dugaan penyerobotan dan pemalsuan dokumen negara oleh ybs telah ditetapkan bersalah oleh pengadilan, pada tahun 2008 dengan putusan No. 97/Pid.B/2008/PN.TSM, Anehnya oleh ybs bukannya Hak orang lain tersebut dikembalikan malah diduga tanah tersebut dijual kepada Pemkot Tasikmalaya untuk kemudian dijadikan sebagai jalan raya dan sisanya masih dalam penguasaan oknum pengusaha tersebut.

Baca juga:  Pakar Hukum: Kasus Uang Pecahan Rp3,7 Miliar di Mojokerto Masalah SOP Bank, Bukan Masalah Pidana

Perkara yang melibatkan H , berawal dari rencana Pemerintah Kota Tasikmlaya untuk membangun terminal utama Kota Tasikmalaya , maka ditetapkan pilihan pada Desa / Kelurahan Sukanaju Kidul Blok Gunung Siu untuk lokasi pembangunannya. Ternyata lokasi yang di tetapkan Pemkot Tasikmalaya didalamnya terdapat tanah milik WH (Alm) dengan sertifikat no 57.

Permasalahan muncul ketika pengusaha yang di tunjuk untuk membebaskan tanah tersebut justru mengubah sertifikat yang dibeli sebagian yaitu seluas 2100 M2 tetapi di baliknamakan kedalam sertifikat baru dengan luas 3.250m padahal ada hak atas nama orang lain seluas 1.150m ( belum dibebaskan ). Sehingga pemilik tanah dengan nomor setifikat 57 dirugikan secara moril dan materil seluas 1150 M2

Baca juga:  Pengedar dan Pemakai Narkoba 4 Pemuda ini Akhirnya Ditangkap Satreskrim Narkoba Polres Magelang Kota

Atas kasus tersebut telah kami, laporkan kepada Satgas Mafia Tanah di Kejakgung RI yang kemudian melimpahkan berkasnya di Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, untuk itu kami peringatkan kepada BPN Kota Tasikmalaya dan Pemkot Kota Tasikmalaya agar jangan bermain sirkus dalam urusan tanah tersebut, kami tidak main main, tandas Yunan ( Red )


Banner Iklan Sariksa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button