DAERAH

Jaga Kekompakan, Satpol PP Bali Siapkan Makanan 24 Jam Secara Swadaya


Denpasar, JARRAKPOS.com – Siap bertugas dalam 24 jam membuat Satpol PP Provinsi Bali terus berupaya tetap menjaga keutuhan gerak dalam menjalankan tugas bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali. Salah satunya diwujudkan dengan beroperasinya dapur umum secara swadaya di kantor setempat sejak tiga bulan tetakhir, untuk memenuhi kebutuhan makanan bergizi para pegawai dan petugas Satpol PP, bahkan relawan lainnya yang datang berkunjung.

1bl-bn#29/5/2020

“Satuan Pol PP Bali sejak tiga bulan lalu membangun dapur umum secara swadaya. Bertujuan untuk menyiapkan makanan bergisi sesama anggota baik sebelum bertugas maupun usai bertugas. Mereka bisa fokus bertugas sementara staf di kantor utamanya ibu-ibu bisa mengolah bahan makanan yang disumbangkan oleh rekan yang lainnya,” ujar Kasatpol PP Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Rai Dharmadi. SH. MSi., saat ditemui di Denpasar, Kamis (28/5/2020).

Baca juga:  Cegah Klaster Penularan Covid-19, Sekda Dewa Indra Minta Pasar Modern Bentuk Satgas Khusus

Ditegaskan Dewa Dharmadi, awal ide membangun dapur umum terjadi dengan spontan dari keinginan para anggota Satpol PP menyiapkan minuman hangat usai datang dari menjalankan tugas baik untuk pengawalan pekerja migran Indonesia dari Bandara, maupun Pelabuhan Benoa menuju tempat karantina. Seiring waktu justru berkembang seperti saat ini dimana tidak hanya minuman saja yang disiapkan, namun asupan makanan bergizi. Selain itu, dibentuknya dapur umum juga bentuk solidaritas para ibu-ibu anggota Satpol PP Provinsi Bali yang tidak bertugas di lapangan.

1bl-ik#21/5/2020

“Anggota tanpa komando tidak putus-putusnya selalu membawa jinjingan (makanan, red) ke kantor. Ada bawa lauk, ada bawa sayur dan berbagai jenis makanan bergisi lainnya. Bahkan ada anggota membawa minuman kesehatan, memastikan sesama anggota tetap sehat dan bersemangat menjalankan tugas. Kita senang di tengah tugas berat ini kami disini bisa saling menjaga dan mendukung satu sama lainnya,” terang birokrat asal Nusa Penida itu.

Baca juga:  Bupati Eka Bantu 200 Paket Masyarakat di Madrash Ibtidaiyah (MI) Ma’arif

Dewa Dharmadi juga mengungkapkan dapur umum diperuntukan tidak saja bagi anggota Satpol PP Provinsi Bali, namun juga kepada seluruh relawan penanganan Covid-19. Tidak jarang bantuan makanan juga datang dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), Saerescue, Palang Merah Indonesia (PMI) hingga Badan SAR Nasional (Basarnas). Bahkan kebersamaan yang terjalin di lapangan membuat tidak sedikit relawan yang turut membantu penanganan Covid-19 di tempat karantina ikut menikmati makanan dari dapur umum tersebut.

1bl-ik#23/5/2020

Selain dapur umum di tengah pandemi Covid-19 bagi pegawai yang tidak mendapatkan tugas lapangan juga ikut mengisi diri dengan menata estetika kantor dan halaman untuk sekedar menghilangkan penat dan menyalurkan hobi. Tidak disangka kegiatan tersebut justru membuat wajah kantor Satpol PP Provinsi Bali berubah. Para pegawai memperbaiki taman di kantor, membuat area jalan kaki sehat, menghias ruangan bahkan membangun dua kandang burung. Diharapkan suasana kantor yang asri ikut memacu imun tubuh para staf tetap baik.

Baca juga:  Wabup Kembang Salurkan Sembako MGPSSR Bantu Pemangku

“Awalnya saya mengolah kayu bekas menjadi vas bunga, beberapa anggota sempat tertawa. Tapi justru akhirnya dinilai bikin kantor indah. Mungkin mereka tergugah ikut memperbaiki estetika kantor. Apalagi mereka (staf, red) mempunyai berbagai hobi akhirnya kantor sekarang jadi asri dan ada suara burung yang membuat kita senang. Mudah-mudahan kesehatan kami sepanjang bertugas selalu sehat dan tetap kompak kendati lelah. Dalam doa kami juga berharap agar pandemi Covid-19 bisa cepat berlalu dan masyarakat bisa beraktivitas di era new normal nanti,” tutupnya. eja/ama

Berita Terkait

Baca Juga

Close
Close