POLITIK

Hasil Real Count C1 KPU Bali Final Menangkan Koster-Ace 57,62 persen

Ket foto : Real count C1 KPU Bali. (Ist)


Denpasar, JARRAKPOS.com – Hasil real count berdasarkan C1 yang bersumber dari KPU Bali menunjukkan kemenangan suara diraih Paslon nomer urut 1, Dr. Ir. Wayan Koster, M.M. dan Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si. sebesar 57,62 persen. Sementara Paslon nomer urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si dan Drs. I Ketut Sudikerta dengan perolehan suara 42,38 pesen. Data yang tidak jauh beda juga ditunjukkan real count dari BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) PDI Perjuangandan yang mencatat kemenangan Koster-Ace 57,6 persen. Sementara Mantra-Kerta hanya mendapat suara 42,45 persen. Perolehan suara sangat sinkron tinggal menunggu formalitas untuk ditetapkan oleh KPU Bali. Seluruh lapisan masyarakat khususnya para saksi harus melaksanakan tugasnya dengan tertib dan disiplin.

Data KPU Bali ada 6.296 TPS di seluruh Bali, real count hasil hitung berdasarkan C1 Paslon Koster-Ace mendapatkan 1.211.556 suara. Sementara Paslon Mantra-Kerta memperoleh 891.178 suara. Kemenangan untuk Paslon nomer urut 1 ada di 6 kabupaten meliputi Kabupaten Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana dan di Kabupaten Tabanan. Sementara untuk Paslon nomer urut 2 unggul di Kota Denpasar, Kabupaten Karangasem dan di Kabupaten Klungkung. Jumlah DPT se-Bali sebanyak 2.982.209 sebagian besar masyarakat yang memiliki hak pilih ada di Kabupaten Buleleng dengan jumlah DPT 555.555 yang tersebar di 1.088 TPS. Sayangnya tingkat partisipatif masyarakat di Bumi Panji Sakti Singaraja malah menjadikannya kabupaten dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara di Pilgub Bali 2018 terendah yakni hanya 57,48 persen sehingga tercatat hanya ada 319.311 suara sah dengan rincian suara untuk Paslon Koster-Ace 221.058 (69,23 persen) dan untuk Paslon Mantra-Kerta 98.430 (30,83 persen).

Dari 9 kabupaten/ kota hanya di Kabupaten Jembrana yang terjadi selisih kemenangan tipis. Secara menyeluruh tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilgub Bali 2018 tergolong cukup bagus yakni 70,43 persen. Secara menyeluruh suara sah berjumlah 2.100.348, dimana jumlah ini berkurang sebanyak 881.861 bila dibandingkan dengan DPT sebanyak 2.982.209. Dari data perolehan sementara per kabupaten/ kota di Bali untuk Koster-Ace suara terbanyak tetap di Kabupaten Buleleng namun secara persentase kemenangan Koster-Ace lebih besar di Kabupaten Badung yang mencapai 74,99 persen. Sesuai prediksi Paslon Mantra-Kerta hanya akan lebih unggul perolehan suaranya dan menang secara presentasi hanya di kota Denpasar yakni 68,77 persen. Sementara di Kabupaten Jembrana yang sejak awal proses penghitungan cepat terus menempatkan Paslon Mantra-Kerta lebih unggul ternyata berakhir kalah tipis, dengan kemenangan Koster-Ace 52,84 persen.

Diberitakan sebelumnya, usai perhitungan cepat mencapai 100%, puluhan wartawan mendatangi kantor DPD PDIP Provinsi Bali, menemui Wayan Koster, Gubernur terpilih yang juga didampingi wakilnya Tjok Ace mengungkapkan kemenangan yang diraih masih jauh dari yang ditargetkan namun harus tetap disyukuri karena merupakan kemenangan bagi seluruh masyarakat Bali. Masyarakat juga diajak untuk bersama-sama menunggu hasil rekap suara yang sah dari KPU Provinsi Bali. “Meski hasil ini jauh dari target kami, namun kami tetap mensyukuri ini adalah kemenangan kita semua. Kemengan rakyat Bali termasuk mereka yang tidak memilih kami. Kita sabar hingga real acount dari KPU selesai,” ucap Wayan Koster. eja/ama

Berita Terkait

Beri Komentar

Close