NASIONAL

Giliran Lapas Cibinong Yang Berkesempatan Disidak Oleh KAKANWIL Sudjonggo Didampingi KADIVPAS Taufiqurrakhman

CIBINONG Jarrakpos.com.Penyebab terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban adalah akibat belum dilaksanakannya deteksi dini dengan maksimal, dengan tiga kunci Pemasyarakatan maju (Deteksi dini ganggunan keamanan dan ketertiban, Berantas Narkoba, dan Sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum).

Mengimplementasikan hal tesebut Tim Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Jabar yang dikomandoi langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Sudjonggo, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Taufiqurrakhman, lakukan sidak di Lapas Kelas IIA Cibinong, Jumat (29/10/21).

Sebelum bergerak menuju blok hunian Kadivpas memberikan pengarahan kepada jajaran Lapas Cibinong serta berdoa bersama.

Baca juga:  Kejati Banten Jangan Kendor ! Sikat Mafia Proyek Di Kota Cilegon

“Jaga profesionalisme, komitmen, dan integritas dalam bekerja, jangan menjadi pengkhianat di dalam organisasi, bekerja pada jalurnya jangan sekali-sekali keluar dari jalur,” tegas Taufiqurrakhman saat memberikan arahan.

Lebih lanjut Taufiqurrakhman mengingatkan kepada tim dan pegawai Lapas Cibinong untuk back to basic satu hal yang selalu digaungkan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga belakangan ini.

“Dalam hal ini back to basic yang paling mendasar untuk jajaran pengamanan adalah, jangan pernah meninggalkan tempat tugasnya sebelum ada petugas pengganti, kunci tidak boleh berada ditangan WBP, lakukan trolling secara berkala pada jam-jam rawan, rolling gembok secara berkala, rolling petugas pengamanan 1/2 jam sekali tidak lebih, pegawai dilarang berhubungan dengan keuangan dengan wbp maupun keluarga WBP.” Ungkapnya.

Baca juga:  KPK Tetapkan Eks Direktur PTPN XI, (BAP) Dan Direktur PT. Wahyu Daya Mandiri, (AH ) Sebagai Tersangka Korupsi Di Pabrik Gula

“Hal-hal dasar ini yang menurut saya sudah mulai ditinggalkan oleh jajaran yang ada di Lapas/Rutan, saya ingatkan disini hukumnya wajib untuk kita back to basics,” tegas Taufiqurrakhman.

Selain melakukan penggeledahan kamar hunian dilaksankan juga tes urine secara random terhadap 21 orang WBP dengan hasil 15 orang negatif, 6 orang WBP positif dan 6 orang pegawai Lapas dengan hasil negatif. Untuk 4 WBP yang positif, Taufiqurrakhman perintahkan kepada Kalapas Cibinong untuk memproses dan diberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Baca juga:  Mengenal Jenderal Andika Perkasa dari Dekat

Hasil penggeledahan yang didapat dari blok hunian berupa handphone 3 buah, power bank, kompor gas kecil 1 buah dan sendok stanlis. Dan terakhir tidak bosannya Taufiqurrakhman memberikan nasihat kepada WBP untuk selalu meningkatkan ibadah agar memiliki hati dan fikiran yang selalu bersih dan tenang.

 

 

 

 

Sumber : Kemenkumham Jabar
Editor : Kurnia

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button