POLITIK

Banteng Tua Tabanan Kompak Dukung Rekomendasi Paket Jaya-Wira



Siapakah Calon Favorit Pilihan Anda Pada Pilkada Tabanan Tahun 2020?

Tabanan, JARRAKPOS.com – Ibarat gayung bersambut, kader PDI Perjuangan (PDI P) Tabanan yang selama ini harap-harap cemas terkait rekomendasi kandidat Bupati dan Wakil Bupati Tabanan di Pilkada serentak 2020 mulai bernafas lega dengan berhembusnya kabar turunnya restu DPP PDI P dalam waktu dekat ini. Dari hasil Rapat Evaluasi Dalam Rangka Penerbitan Rekomendasi Tahap I di DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (30/12/2019), dikabarkan PDI P akan mengusung paket Jaya-Wira (DR. I Komang Gede Sanjaya, SE.MM dan I Made Edi Wirawan, SE) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan periode 2020-2024. Terkait rencana turunnya rekomendasi pasangan Tabanan dan Kediri ini, pada Jumat, 10 Januari 2020, kader senior PDI P Tabanan, I Ketut Sarka langsung menyambut gembira.

1bn-ik#28/12/2019

Banteng Tua, asal Banjar Anyar, Kediri ini, menyebutkan harga mati untuk mendukung pasangan Jaya-Wira. Apalagi pasangan Sanjaya sangat tepat didampingi Edi Wirawan sebagai tokoh muda asal Kediri. “Saya sudah tahu kiprahnya. Terutama Pak Edi. Apalagi kader di Kediri selama ini ga pernah dapat apa, cuma gae gen maan (kerjanya saja dapat, red). Mudah-mudah paket ini yang benar turun. Yang jelas kader dari Kediri (Edi Wirawan, red) harus kita dukung habis-habisan, agar bener paket ini yang muncul. Kebetulan paket ini, juga dapat suntikan dukungan dari bawah,” beber mantan Anggota DPRD Provinsi Bali itu, saat dihubungi, Selasa (31/12/2019), seraya mengaku akan mendukung sekaligus mengawal, agar kader partai dari Kediri saat Pilkada Tabanan 2020 diberikan apresiasi.

Baca juga:  Pilwali Denpasar 2020, Rai Iswara: ‘Saya Berhitung untuk Maju’, Golkar Koalisi Bergerak Tancap AMD-Weda

Baca juga : Siapa Pendamping Sanjaya? Rekomendasi Diumumkan 10 Januari 2020

Tokoh senior PDI P ini kembali menegaskan sangat mendukung kader dari Kediri diberikan posisi Tabanan Dua, karena Kediri pemilihnya terbesar dan setiap hajatan Pileg, Pilpres maupun Pilgub dan Pilkada Tabanan selalu menang. Inilah yang menjadi pertimbangan DPP PDI P agar menjatuhkan pilihan untuk kader dari Kediri bisa maju di Pilkada Tabanan mendatang. “Selain itu pula, saya sebagai kader tua tidak akan lupa apa yang telah dilakukan oleh kader muda (Edi Wirawan, red), sehingga kita akan tetap mendukung dan memenangkan nantinya. Saya tahu persis itu, sampai umur saya sudah 70 tahun, bagaimana kiprah kader muda ini di Tabanan, khususnya di Kediri, sehingga PDI P tidak pernah kalah di sini. Jadi kita dari banteng tua kompak mendukung paket ini (Jaya-Wira, red),” tandasnya.

Baca juga:  Gubernur Koster Apresiasi Kanwil Kemenkumham Bentuk Pos Layanan Hukum Desa
1bn-ik#23/12/2019

Sebelumnya, PDI Perjuangan nampaknya ingin kembali mencuri start untuk mengumumkan kandidatnya bertarung di Pilkada serentak tahun 2020. Hal itu bisa diprediksi dari hasil Rapat Evaluasi Dalam Rangka Penerbitan Rekomendasi Tahap I di DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (30/12/2019). Salah satu sumber di lingkaran elit PDI P menyebutkan, dari hasil rapat DPP PDI P akan segera memuculkan seluruh nama kader yang direkomendasikan untuk maju di enam Pilkada serentak seluruh Bali. Termasuk Kabupaten Tabanan yang sempat terjadi persaingan panas perebutkan kursi Tabanan Satu dari internal PDI P. Namun, menurut sumber itu dipastikan I Komang Gede Sanjaya yang digadang-gadang sebagai calon Bupati Tabanan untuk menggantikan posisi Ni Putu Eka Wiryastuti yang sudah dua periode menjadi Bupati Tabanan.

Baca juga : Kawal Kemenangan Kembang, Hanura Resmi Merapat ke PDIP

Ditegaskan, seluruh kandidat bupati dan wakil bupati yang akan diusung oleh PDI P rencananya akan segera diumumkan pada Jumat, 10 Januari 2020. “Akan diumumkan tanggal 10 Januari (2020, red). Untuk Bali dipastikan nama yang direkomendasikan akan diumumkan di tahap I, karena Pilkada serentak seperti Bali di posisi aman. Tapi kalau daerah yang belum aman akan diumumkan tahap berikutnya,” jelas sumber itu sekaligus mewanti-wanti namanya tidak disebutkan. Namun ketika didesak siapakah pendamping Sanjaya? Dengan nada sedikit berkelit, dikatakan posisi wakil bupati sudah dipastikan mengarah kepada kader-kader yang mengerucut namanya salah satu kader PDI P dari Kecamatan Kediri. “Wakilnya pendamping Pak Sanjaya sudah mengerucut dari Kediri. Coba siapa dia cari sendiri namanya,” beber sumber yang juga orang dekat Ketua Umum PDI P Megawati ini di depan sejumlah awak media.

Baca juga:  AMD Diserbu Masyarakat Peguyangan, ‘Sebarkan Madu AMD’ [Cek Fakta!]
1bn-ik#15/12/2019

Ketika ditelusuri siapkah kader yang menjadi jagoan PDI P yang akan mendampingi Sanjaya yang sebelumnya santer mengarah kepada tiga nama, akhirnya bisa terkuak. Dari tiga nama tersebut yakni, I Putu Eka Nurcahyadi (Anggota DPRD Tabanan dapil Kediri dan Marga), I Made Edi Wirawan (Anggota DPRD Tabanan dapil Kediri dan Marga) dan Gede Made Dedy Pratama (putra kandung Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama) bisa dikerucutkan namanya. Dari ketiga nama yang bersaing merebut posisi dua di Pemkab Tabanan ini, Made Edi Wirawan yang berasal dari Kecamatan Kediri. Apalagi selama ini diketahui suara PDIP di Kecamatan Kediri tidak pernah kalah dan selalu diposisi teratas. Selain itu, jumlah pemilih di Kecamatan Kediri paling tinggi dibandingkan kecamatan lainnya. tim/aka/ama


Close